Senin, 20 Mei 2024

Skor Indeks Pencapaian RML Semen Gresik Lampaui Target

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | PT Semen Indonesia (Persero) Tbk melakukan penilaian risk maturity level (RML) atau tingkat kematangan manajemen risiko di lingkup organisasi perusahaan. Penilaian bertujuan untuk mengevaluasi kematangan penerapan enterprise risk management (ERM), baik yang telah ataupun sedang dijalankan perusahaan.

Enterprise risk management (ERM) didefinisikan sebagai kompetensi risiko di dalam perusahaan atau organisasi. ERM adalah kemampuan organisasi atau perusahaan untuk memahami dan mengendalikan tingkat risiko yang diambil dalam mengelola strategi bisnis, ditambah dengan akuntabilitas atas risiko yang diambil. Manfaat utama ERM adalah menambah perspektif dan fokus pada manajemen risiko di seluruh lini perusahaan.

Pada tahun 2020, penilaian RML di lingkup Semen Gresik mulai pertama kali dilakukan. Semen Gresik mendapatkan skor pencapaian total 51%, dengan indeks pencapaian senilai 3,49 serta tingkat maturitasnya repeatable. Level repeatable mempunyai arti bahwa kerangka sistem manajemen risiko telah dikembangkan dan aman jika dijalankan secara repetitive. Hal tersebut ditandai oleh kapabilitas para pelaku sistem yang telah ditingkatkan secara bertahap, dan alokasi anggaran untuk pengendalian risiko pun telah dilakukan.

Kepala Biro Legal dan GRC Semen Gresik, Ahmad Jibril mengatakan, penilaian RML dilakukan untuk menyajikan hasil evaluasi awal (pengukuran dan pengujian) berupa gambaran kondisi aktual penerapan ERM di Semen Gresik.

“Supaya bisa lebih mengoptimalkan penerapan ERM di PT Semen Gresik. Selain itu juga untuk mengetahui dan me-review tingkat kematangan (maturity level) implementasi ERM di lingkup perusahaan,” ujar pria yang akrab disapa Jibril dalam siaran persnya, Minggu (31/1/2021).

Jibril menilai bahwa level repeatable sudah cukup bagus bagi Semen Gresik, dikarenakan target awal adalah berada di level initial. Pada tingkatannya, level repeatable berada di atas level initial. Semen Gresik bekerja sama dengan konsultan independen untuk RML assessment agar menghasilkan penilaian yang objektif. Pada tahun 2021 ini, Semen Gresik menargetkan bisa mendapatkan indeks pencapaian senilai 3,6.

 

Sumber: jateng.suara.comberitasatu.com

Foto: Istimewa

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU