Minggu, 28 April 2024

Kimia Farma Ekspor Perdana Bahan Baku Kosmetik ke Korsel

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | PT Kimia Farma (Persero) Tbk. pada hari ini secara resmi mengekspor perdana bahan baku kosmetik berupa bedak dan losion dengan volume 31 ton ke Korea Selatan.

“Melalui ekspor perdana tujuh bahan baku kosmetik ke Korea Selatan ini akan menghasilkan US$ 1,5 juta,” kata Direktur Utama Kimia Farma Verdi Budidarmo dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Rabu, 29 Januari 2020.

Verdi menyebutkan ekspor bahan baku kosmetik itu merupakan tahap awal yang dilakukan perusahaan pada 2020. Adapun pengembangan produksi bahan baku kosmetik itu telah dirintis Kimia Farma sejak 2018.

Sepanjang tahun 2019, Kimia Farma melakukan transfer teknologi dan optimalisasi proses produksi bahan baku kosmetik di pabrik bahan baku obat (BBO) Cikarang. Dalam proses alih teknologi, Kimia Farma menggandeng mitra dari Korea Selatan karena negara ginseng itu telah dikenal menjadi pemain besar di industri kosmetik.

Kimia Farma telah mengembangkan industri bahan baku sejak tahun 2016 melalui pendirian fasilitas produksi BBO. Perusahaan baru melakukan kegiatan komersialisasi perdana pada hari ini.

Verdi mengatakan pemasaran bahan baku kosmetik perdana ke Korea Selatan adalah awal untuk membuka peluang pasar bahan baku kosmetik ke mancanegara. Korea Selatan kini tengah menjadi trendsetter kosmetik di dunia.

“Ini menjadi entry gate bagi kami untuk menjangkau pasar bahan baku ke depannya, karena kini Kimia Farma juga sedang mengembangkan bahan baku obat,” ujar Verdi.

Produksi BBO Kimia Farma, menurut dia, kini dalam proses pengembangan menjadi produk jadi (finished good). BBO Kimia Farma diperkirakan akan komersialisasi pada semester kedua tahun ini.

Adapun pada tahap awal, Verdi menyebutkan, penggunaan BBO ini akan difokuskan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri dahulu. “Hal ini bertujuan untuk mengurangi nilai impor BBO dalam negeri,” katanya.

Sumber : bisnis.tempo.co

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU