Rabu, 5 Juni 2024

Waduh, Erick Thohir Tawarkan 13 Aset BUMN ke Cina?

ads-custom-5

Jakarta, BUMN Info – Kementerian BUMN berencana menawarkan aset-aset gedung milik BUMN di sekitar kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, kepada investor asing. BUMN memiliki 13 aset di sekitar Monas, termasuk gedung milik PT Pertamina (Persero).

Rencana ini mencuat seiring keputusan pemerintah memindahkan ibu kota dari Jakarta ke IKN Nusantara.

Menurut Menteri BUMN, Erick Thohir, gedung-gedung tersebut terancam terabaikan setelah pemerintahan pindah ke IKN, sehingga pihaknya merasa perlu untuk menciptakan nilai kepada aset-aset tersebut.

Ia berharap, aset-aset yang berada di sekitar Monas dapat berkembang melalui pengelolaan Dana Reksa Property Fund.

Rencana Kementerian BUMN untuk menjual aset-aset di sekitar kawasan Monas menjadi salah satu artikel terpopuler pada akhir pekan ini. Selain itu, ketahui juga bagaimana Kejaksaan Agung menyita sejumlah smelter, serta Cina yang mulai menjual mobil terbang.

Kementerian BUMN berencana menawarkan aset-aset gedung milik BUMN di sekitar Monas, Jakarta kepada investor asing.

Hal ini seiring dengan rencana pemerintah untuk pindah ibu kota ke IKN Nusantara mulai tahun ini.

Erick menyebut, BUMN memiliki 13 aset di sekitar Monas, termasuk gedung milik PT Pertamina (Persero). Penciptaan nilai untuk aset-aset itu, menurut dia, penting dilakukan terutama saat pemerintahan resmi pindah ke Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Nanti, kalau pemerintah ini pindah, gedung-gedung ini akan terabaikan. Nah itu kan sayang kalau tidak di value creation, makanya kemarin kita roadshow dengan para potensi pemain properti yang mau melihat ini sebagai opportunity,” ujar Erick di Jakarta, Sabtu (20/4), seperti dikutip dari Antara.

Penciptaan nilai tambah, menurut dia, dilakukan sebelumnya BUMN di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kesehatan di Sanur, Denpasar, Bali. Kawasan ekosistem pariwisata terintegrasi mulai dibangun pada Desember 2021.

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU