Senin, 4 Maret 2024

Pelindo I Masih Bisa Jaga Kinerja di Tengah Pandemi

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | Di tengah pandemi Covid-19, PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo I mencatat pertumbuhan arus kunjungan kapal selama kuartal I 2020.

 

Terhitung arus kunjungan kapal di triwulan pertama ini sebanyak 17.613 call. Capaian ini bertumbuh 14,88% jika dibandingkan dengan capaian di periode yang sama di tahun sebelumnya yang hanya sebanyak 15.331 call. Angka tersebut sebanding dengan 39.111.260 gross tonnage (GT), tumbuh 30,26% dibanding dengan periode yang sama pada tahun lalu sebesar 30.025.908 GT.

 

Tak hanya itu, realisasi bongkar muat peti kemas hingga Maret 2020 juga bertumbuh 2,82%. Perseroan mencatat telah membongkar muatan sebanyak 265.755 boks. Padahal di periode yang sama di tahun lalu hanya sebanyak 258.462 boks. Peningkatan tersebut setara dengan 327.742 Twenty-feet Equivalent Units (TEUs) yang meningkat 3,13% dibandingkan tahun lalu sekitar 317.808 TEUs.

 

Menurut SVP Sekretaris Perusahaan Pelindo I Imron Eryandy, peningkatan ini terjadi karena meningkatnya permintaan bongkar muat di Terminal Peti Kemas (TPK) Belawan, Perawang, Dumai, dan Tanjungpinang

 

“Terutama untuk kegiatan peti kemas dalam negeri, kegiatan bongkar muat peti kemas sebagai persiapan memasuki bulan Ramadhan dan Idul Fitri di TPK Perawang yang berlokasi di Cabang Pekanbaru, dan juga meningkatnya bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Dumai dan Tanjungpinang,” jelas Imron dalam rilis pers.

 

Kendati begitu, berat muatan yang dibongkar muat di terminal milik Pelindo I pada kuartal pertama ini turun 12,78%. Jika tahun lalu bisa memuat 10.868.240 ton, tahun ini Perseroan hanya melaksanakan bongar muat sebesar 9.479.541 ton.

 

“Hal ini disebabkan oleh pandemi Covid-19 di sejumlah negara sehingga mengakibatkan berkurangnya bongkar muat general cargo pada cabang Pelabuhan Belawan, Tanjungpinang, dan Pekanbaru serta menurunnya permintaan ekspor komoditi CPO,” tambah Imron.

 

Di sisi lain, arus penumpang di beberapa terminal penumpang yang dikelola Pelindo I ikut terkerek. Arus penumpang untuk kuartal I ini sebanyak 1.319.436 orang, naik 8,89% dibandingkan periode pada tahun sebelumnya sebanyak 1.211.760 orang. Peningkatan arus penumpang ini disebabkan meningkatnya jumlah penumpang di cabang pelabuhan Tanjungpinang dan Tanjung Balai Karimun.

 

Namun perusahaan pelat merah ini mencatat adanya tren penurunan arus penumpang dari bulan ke bulan.

 

“Ada kecenderungan penurunan arus penumpang dari bulan Januari hingga Maret 2020 akibat pandemi Covid-19. Arus penumpang pada bulan Januari sebanyak 530.771 orang, menurun pada bulan Februari sebanyak 418.713 orang, dan bulan Maret sebanyak 369.952 orang,” ungkap Imron.

 

Berdasarkan keterangan Imron, saat ini sejumlah terminal penumpang yang dikelola Pelindo 1 tetap beroperasi dengan layanan terbatas yang bertujuan untuk mengurangi penyebaran Covid-19 sesuai dengan peraturan pemerintah dalam melarang aktivitas mudik.

 

“Pelindo 1 memastikan akan terus menjaga layanan operasional selama 24 jam dalam 7 hari (24/7) sebagai wujud komitmen kami untuk menjaga kelancaran logistik Indonesia, khususnya di bagian barat Indonesia,” tegasnya.

 

Untuk menyiasati terbatasnya mobilitas masyarakat sekaligus optimalisasi pengembangan digital perseroan, Pelindo 1 meluncurkan aplikasi Customer Relationship Management (CRM) yang digunakan untuk manajemen hubungan pelanggan Pelindo 1.

 

Direktur Operasi dan Komersial Pelindo 1 Syahputera Sembiring menjelaskan, CRM merupakan sebuah metode dalam mengelola hubungan perusahaan dengan pelanggan pada level bisnis sehingga dapat memaksimalkan komunikasi dan pemasaran melalui pengelolaan berbagai aktivitas yang berbeda untuk meningkatkan hubungan dan keterikatan dengan pelanggan dan juga untuk menelusuri informasi pelanggan.

 

“Mengingat dinamika industri dan pergeseran penting ke arah pengaturan yang berpusat pada pelanggan, kebutuhan akan manajemen hubungan pelanggan menjadi lebih penting, di mana terdapat proses yang melibatkan analisis dan evaluasi semua interaksi dengan pelanggan,” papar Syahputera.

 

Layanan CRM yang diluncurkan Pelindo 1 berbasis portal yang bisa diakses melalui https://portals.pelindo1.co.id yang di dalamnya terdapat pilihan berbagai kanal yang bisa digunakan. Selain itu, pelanggan juga bisa menggunakan layanan Call Center dengan Hot Line Number 1500 – 778 yang akan dilayani dengan Nona CERI atau Customer Care Pelindo 1.

 

Dengan penerapan aplikasi CRM ini diharapkan mampu memudahkan dan mempercepat proses komunikasi perusahaan yang dapat meningkatkan loyalitas pelanggan, mengoptimalkan kegiatan pemasaran, serta memaksimalkan nilai data pelanggan.

 

Syahputera menambahkan, Pelindo 1 telah melakukan kegiatan sosialisasi dan end user training aplikasi CRM sejak awal tahun 2020 di berbagai wilayah kerja yang meliputi: Medan, Pekanbaru, Sibolga, Tanjung Balai Asahan, Batam, dan Aceh. Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan penggunaan aplikasi CRM serta dirangkai dengan pemberian apresiasi kepada pengguna jasa di cabang-cabang pelabuhan yang dikelola oleh Pelindo 1.

 

Sumber: Pelindo I

Foto: Pelindo I

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU