Senin, 20 Mei 2024

Tol Padang-Pekanbaru Seksi Padang-Sicincin Beroperasi Gratis Juli 2024

ads-custom-5

Jakarta, BUMN Info – PT Hutama Karya (Persero) tengah merampungkan salah satu ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), yakni proyek Tol Padang-Pekanbaru Seksi Padang-Sicincin yang ditargetkan selesai pada pertengahan tahun ini.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Adjib Al Hakim mengatakan, saat ini pihaknya bersama kontraktor Tol Padang-Sicincin yakni PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI), tengah berfokus pada penyelesaian proyek sepanjang 36,6 km. Denganprogres mencapai 58,76 persen, serta ditargetkan beroperasi fungsional alias dibuka gratis pada Juli 2024.

“Jika sebelumnya menghadapi sejumlah tantangan, saat ini proyek mengalami kemajuan yang signifikan. Terlebih setelah mendapatkan dukungan dari para stakeholders mulai dari Gubernur, Wakil Gubernur, Kapolda hingga Danrem 032/Wirabraja, karena hadirnya tol ini akan memberikan manfaat besar untuk perkembangan wilayah Sumatra Barat,” ujarnya, Selasa (30/4/2024).

Lebih lanjut, kata Adjib, sebagai bentuk kepedulian terhadap kebutuhan masyarakat di sekitar proyek, Hutama Karya melalui program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) telah memberikan sejumlah bantuan sepanjang tahun 2022 hingga 2023.

“Dengan total sebesar Rp 638 Juta bantuan meliputi renovasi tempat ibadah, rehabilitasi panti asuhan dan tempat penampungan sampah, pemberian peralatan usaha dan bentor (becak & motor) bagi pelaku tani, pemberian beasiswa putra-putri TNI, serta penyediaan sarana air bersih,” bebernya.

Gubernur Sumatra Barat Mahyeldi Ansharullah mengungkapkan bahwa keberadaan tol ini memberikan banyak harapan baru untuk masyarakat, khususnya dalam menggerakkan perekonomian.

“Keberadaan jalan tol akan memudahkan, mempercepat, mendekatkan jarak dan melancarkan akses. Oleh sebab itu masyarakat Sumatra Barat berharap agar pelaksanaan pekerjaan jalan tol ini bisa lebih cepat penyelesaiannya,” kata Mahyeldi.

Dari sisi pemberdayaan masyarakat, Hutama Karya memberikan kesempatan bagi warga setempat uuntuk turut berkontribusi dalam pembangunan proyek ini, dengan membuka lapangan pekerjaan yang melibatkan wali nagari beserta anak-anak nagari.

Wali Nagari Pasie Laweh Lubuk Alung, Peri Adinur mengutarakan, kehadiran proyek ini bisa merangkul seluruh elemen mulai dari masyarakat dan pemuda sekitar yang mau bekerja dengan keahlian masing-masing.

“Kami sangat mengapresiasi karena hal ini sangat membantu dalam meningkatkan taraf ekonomimasyarakat setempat,” imbuh Peri.

Adapun dalam proyek Tol Padang-Pekanbaru Seksi Padang-Sicincin, Hutama Karya juga berkolaborasi dengan Koperasi Korem 032/Wirabraja dalam menyediakan bahan material yang dibutuhkan pada pengerjaan proyek.

Komandan Korem 032/Wirabraja, Brigjen TNI Rayen Obersyl menyampaikan, walaupun saat ini hanya bisa menyediakan sebagian kecil, tapi imbasnya besar.

“Koperasi modalnya dari seluruh anggota, sehingga apabila ikut andil, yang akan mendapatkan keuntungan adalah koperasi yang hidup, tumbuh, anggota bisa lebih sejahtera,” ungkap Rayen.

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU