Selasa, 21 Mei 2024

Telkom Buka Peluang Kerja Sama dengan Netflix

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo |  PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk menawarkan solusi kerja sama kepada Netflix untuk menggunakan direct peering atau Content Delivery Network (CDN). Peralihan tersebut untuk meningkatkan kualitas bandwidth.

Semenjak Telkom membuka kembali layanan Netflix di layanan fixed broadband IndiHome Juli 2020 lalu, Netflix menyalurkan konten melalui Internet Exchange (IX) di global. Bandwidth yang tersambung ke IX digunakan secara bersama-sama dengan konten lainnya yang belum mempunyai direct peering ataupun CDN di Indonesia.

“Kami berharap semua saling mendukung, masyarakat bijak dalam mengonsumsi internet dan para penyedia konten dapat segera bekerja sama dengan operator internet untuk bisa meningkatkan layanannya kepada masyarakat,” ujar Direktur Consumer Service Telkom FM Venusiana, Senin (18/01/2021).

Berdasarkan keterangan tertulis Telkom, pihaknya menjamin tidak akan ada pembedaan perlakuan untuk semua Over-the-Top (OTT). Dalam hal ini termasuk Netflix saat menggunakan Internet Exchange (IX) atau saluran bandwidth internasional milik Telkom.

Telkom berharap semua penyimpanan dan pemrosesan data OTT asing seperti Netflix dapat dilakukan di Indonesia, bukan luar negeri. Telkom perlu menjaga akses dari pelanggan ke arah content lainnya. Apabila data center berada di luar negeri, akan berpotensi munculnya dampak negatif.

Direktur Wholesale & International Service Telkom Dian Rachmawan menjelaskan dampak negatif tersebut di antaranya tidak ada kedaulatan data atau rawan disalahgunakan oleh pihak lain. Cadangan devisa Indonesia semakin terkuras. Terakhir apabila terdapat masalah teknis, tidak dapat diselesaikan dengan cepat.

 

Sumber: cnnindonesia, bisnis.com

Foto: Arsip Telkom

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU