Senin, 4 Maret 2024

Dukung Pertumbuhan Ekonomi Daerah, Pelni Kaji Konektivitas KM Dorolonda ke Morotai

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni tengah mengkaji kemungkinan menambah rute kapal KM Dorolonda ke Pulau Morotai. Direktur Usaha Angkutan Barang dan Tol Laut Pelni Masrul Khalimi mengatakan hal tersebut untuk menindaklanjuti permintaan Pemerintah Daerah Kabupaten Pulau Morotai yang meminta untuk menambah akses kapal penumpang yang dapat menghubungkan Morotai langsung ke Bitung, Manado.

 

“Bagi kami, ini juga dapat menjadi peluang untuk memberikan alternatif wisata bagi turis asing, khususnya wisatawan China yang kita tahu kunjungan ke Manado yang cukup tinggi untuk melirik wisata alam bawah laut Pulau Morotai yang indah,” kata Masrul dalam siaran persnya, Selasa (27/10/2020).

 

Dia mengatakan, saat ini rute pelayaran KM Dorolonda dengan kapasitas angkut 2000 penumpang beroperasi dengan rute Tanjung Priok – Surabaya – Makassar – Bau Bau – Namlea – Ambon – Ternate – Bitung (PP). Disamping wisata, Masrul menuturkan, Pulau Morotai juga memiliki muatan beku tuna ekor kuning yang memiliki nilai jual ekspor. Secara hitungan kasar, Masrul menuturkan, KM Dorolonda sangat memungkinkan untuk sandar di Morotai.

 

“Kami akan laporkan dan menjadi bahan evaluasi untuk diusulkan ke Kementerian Perhubungan. Bila diterima, KM Dorolonda dapat mulai berlayar ke Morotai mulai 2021,” jelas Masrul.

 

Dengan masuknya KM Lognus 6 ke Morotai, Masrul meyakini, dapat menjawab kebutuhan pengusaha lokal Morotai yang belakangan semakin bertumbuh. KM Lognus 6 sendiri memiliki kapasitas angkut untuk muatan terisi penuh mencapai 250 TEUs, jauh lebih besar dari KM Lognus 3 yang hanya berkapasitas 120 TEUs.

 

Saat ini, Pelni mengoperasikan 26 kapal penumpang dan menyinggahi 83 pelabuhan serta melayani 1.100 ruas. Selain angkutan penumpang, Pelni juga mengoperasikan 45 trayek kapal perintis untuk melayani mobilitas penduduk di daerah T3P dengan total 275 pelabuhan dengan 3.739 ruas yang dilayani. Pelni juga mengoperasikan 20 kapal Rede serta empat kapal barang, tujuh kapal tol laut, dan satu kapal khusus ternak.

 

Sumber: RepublikaInvestor Daily

Foto: Istimewa

 

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU