Rabu, 24 April 2024

Perkuat Digital Security, BRI Kolaborasi Dengan Element & Peruri

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk terus berupaya untuk memperkuat teknologi digital. Salah satunya terkait aspek digital security dengan menjajaki kemitraan dengan Element Inc, perusahaan pelopor kecerdasan buatan modern dalam layanan identitas digital asal Amerika Serikat.

 

Kemitraan tersebut meliputi eksplorasi kesepakatan untuk meluncurkan teknologi mutakhir mengenai identitas digital, digital onboarding, tanda tangan digital, security dan anti-fraud pada saluran-saluran produk utama Bank BRI Indonesia. Kemitraan teknologi dan produk tersebut mencakup beberapa aplikasi antara lain yakni BRImo super apps Bank BRI yang telah memfasilitasi 51 juta transaksi pada 2019, aplikasi pinjaman digital Pinang, serta Ceria yang telah menjadi platform pionir untuk pinjaman murah di Indonesia. Kerja sama ini juga menargetkan layanan tersebut bisa dipakai pada e-commerce, menyediakan validasi pengguna dan layanan perbankan kepada setiap nasabah saat bertransaksi di e-Commerce.

 

Saat ini tanda tangan digital, teknologi pengenalan wajah (facial recognition) yang diadopsi perbankan sejak 2019 telah memudahkan proses verifikasi. Salah satunya saat mengajukan pinjaman yang sebelumnya butuh waktu lama dalam proses persetujuannya, kini bisa dilakukan hitungan menit dengan melakukan scan wajah, scan KTP, dan lainnya.

 

Direktur Digital, Teknologi Informasi dan Operasi Bank BRI Indra Utoyo mengatakan, bagi Bank BRI berinvestasi untuk menghadirkan inovasi teknologi canggih dan praktis serta pengembangan produk telah menjadi komitmen terdepan Perseroan.

 

“Investasi teknologi tersebut sesuai dengan komitmen perseroan untuk memberikan akses layanan keuangan bagi lebih banyak masyarakat Indonesia, dengan user experience yang elegan dan performance yang tinggi tentunya diiringi dengan pengamanan yang ketat,” ujar Indra Utoyo, Minggu (27/11/2020).

 

Bank BRI, menurut Indra akan bekerja sama dengan Element berbagai spektrum aplikasi. Kemitraan ini menandai dimulainya cakupan kerja sama yang lebih luas secara signifikan dari perencanaan teknis dan produk oleh para mitra, untuk menyediakan layanan keuangan digital yang lebih advance bagi ekosistem digital. President & CEO Element Inc. Adam Perold menegaskan, Bank BRI dan Peruri telah memberikan pengaruh yang signifikan pada sektor keuangan dan e-commerce di Indonesia.

 

“BRI dan Peruri, dua entitas milik negara yang terkemuka dengan platform digital skala besar yang berkontribusi melayani sebagian besar kebutuhan layanan finansial masyarakat Indonesia,” ujar Adam.

 

Adam yang juga merupakan Co-founder Element Inc memberikan apresiasi atas kemitraan yang telah terjalin, sehingga pihaknya dapat berperan dalam mendukung pengembangan teknologi artificial intelligence (AI) untuk memperkuat layanan keuangan dan perdagangan digital.

 

“Kami sangat berterima kasih telah mendapatkan peran dalam mendukung teknologi digital onboarding dan otentikasi dari aplikasi yang telah dikembangkan sebelumnya yakni Pinang dan Ceria, yang telah menghasilkan platform pinjaman online dengan kinerja dan efisiensi yang sangat baik dalam penggunaannya di Indonesia,” pungkas Adam.

 

Sumber: CNBC IndonesiaRakyat Merdeka

Foto: dok. BRI

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU