Minggu, 28 April 2024

Waskita Karya dan Autodesk Kerja Sama Transformasi Digital Industri Konstruksi

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | Autodesk, Inc. bekerja sama dengan PT Waskita Karya (Persero) Tbk. mendorong pengadopsian solusi-solusi digital seperti Building Information Modelling (BIM) di industri konstruksi Indonesia. Kolaborasi antara Waskita Karya dan penyedia software desain 3D dan rekayasa ini mendukung upaya pembangungan tulang punggung teknologi yang kuat untuk mengakselerasi penyelesaian beberapa proyek berskala besar.

 

BIM, Research & Innovation Manager Waskita Karya Kharis Alfi mengatakan bahwa saat ini pihaknya sedang membangun Bendungan Temef. Proyek ini akan memasok air bersih dan membantu pengendalian banjir di kawasan sekitar perbatasan dengan Timor Leste.

 

“Dengan berbagai solusi Autodesk, seperti Civil 3D, Revit, dan Navisworks, kami bisa menghemat waktu untuk gambar dan rekayasa produksi hingga 50 persen, dan bisa memproduksi gambar mendetail untuk meminimalkan terjadinya pengerjaan ulang,” tuturnya dalam keterangan pers, Senin (9/11/2020).

 

Nantinya, kerja sama kedua belah pihak juga mencakup pengadopsian teknologi dari Autodesk seperti Architecture, Engineering, and Construction (AEC) Industry Collection dan BIM 360, untuk mengotomatiskan alur kerja untuk produktivitas yang lebih besar.

 

Asean Managing Director Autodesk Serene Sia menambahkan pihaknya senang dapat mendukung perusahaan Waskita Karya dalam perjalanan transformasi digital mereka.

 

“Kami berharap dapat menginspirasi dan memberdayakan bisnis konstruksi dengan teknologi canggih yang dapat memodernisasi dan memperbaiki setiap tahap proses konstruksi,” tambahnya.

 

Sebelumnya, Waskita Karya mulai mencoba solusi ini pada 2018 untuk meminimalkan tantangan kolaborasi yang dihadapi ketika menerapkan pengiriman dan pengumpulan data secara tradisional. Dalam perjalanan transformasi digital mereka, Waskita Karya meningkatkan kemampuan digitalnya dengan memlengkapi tim internal dan pemangku kepentingan dengan keterampilan yang dibutuhkan untuk menggunakan BIM dan solusi-solusi Autodesk.

 

Dengan demikian, mereka mengembangkan proses teknologi baru dan membuka potensi anggota tim yang terlibat dalam proyek tersebut. Misalnya, penerapan BIM, sebuah proses cerdas berbasis model 3D untuk merencanakan, merancang, membangun, dan mengelola proyek.

 

Didorong oleh keberhasilan implementasi BIM dan berbagai solusi Autodesk, Waskita Karya telah menginisiasi gerakan nasional pengadopsian BIM dan teknologi AEC lainnya dalam proyek-proyek konstruksi. Untuk itu, para eksekutif perusahaan ikut mendirikan BIM Institute of Indonesia untuk mendorong peningkatan kapasitas dan transfer pengetahuan lintas pemangku kepentingan, kementerian-kementerian di pemerintahan, lembaga pendidikan, mitra, dan pelanggan.

 

Sumber: Bisnis.comMedcom

Foto: dok. Autodesk

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU