Sabtu, 27 April 2024

Maksimalkan Serapan Petani, Bulog Akan Bangun Pabrik Beras Modern di Luwu Utara

ads-custom-5

Makassar, BUMNInfo | Perum Bulog Divisi Regional (Divre) Sulawesi Selatan & Barat (Sulselbar) berencana menambah satu unit pabrik beras modern atau modern rice milling plant (MRMP) di Sulawesi Selatan. Pabrik beras yang akan dibangun di Luwu Utara itu guna memaksimalkan serapan beras petani.

Kepala Bulog Divre Sulselbar Eko Pranoto menjelaskan pabrik beras dengan kapasitas 120 ton per hari itu akan dibangun di atas lahan seluas 4 hektare di Desa Cendana Putih, Kecamatan Mappideceng, Luwu Utara.

“Serapan beras petani di daerah tersebut cukup besar. Hanya saja, karena tidak ada pabrik besar dan modern, semua beras petani diserap ke Kabupaten Sidrap,” ungkap Eko dilansir dari Bisnis, Rabu (18/11/2020).

Eko menyebut, terdapat 38.000 hektare luas lahan petani yang produktif menghasilkan beras di wilayah Luwu Utara. Karenanya, untuk memaksimalkan penyerapan beras petani, pembangunan MRMP diharap mampu menjadi solusi.

Rencananya, proses pembangunan fisik akan dilakukan pada Januari 2021. Saat ini, Bulog Sulselbar masih menunggu keputusan hasil lelang yang akan dilakukan oleh kantor pusat. Selanjutnya kata Eko, pihaknya akan memenuhi kelengkapan berkas yang diperlukan untuk proses pembangunan.

“Jadi ini sudah dilakukan hibah lahan dari Pemerintah Kabupaten Luwu Utara. Tinggal menunggu progres dari kantor pusat,” jelas Eko.

Sebelumnya, rencana ini telah dibahas pihak Bulog Sulselbar bersama Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah. Dalam pertemuannya, Nurdin mengatakan pabrik beras yang akan dibangun merupakan pabrik beras terbaik dan pertama di wilayah Luwu Utara.

“Kita sudah siapkan anggaran Rp85 miliar. Intinya ini untuk mendorong kemajuan sektor pertanian kita. Apalagi Sulsel sebagai lumbung pangan,” ungkap Nurdin.

 

Sumber: Bisnis.comMedcom.id

Foto: dok. Bulog

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU