Jumat, 26 April 2024

Inovasi Hunian Terjangkau Dekat Stasiun Kereta

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | Kembangkan inovasi hunian terjangkau bagi masyarakat yang tinggal di pinggiran Jakarta, Perum Perumnas bangun hunian Transit Oriented Development (TOD) di dekat sarana transportasi publik.

Seperti diketahui, menghabiskan waktu tempuh menuju kantor di Jakarta selalu menjadi kendala bagi masyarakat yang tinggal di pinggiran Jakarta. Sulitnya sarana transportasi, padatnya jalanan menuju rumah dan mahalnya harga hunian di Jakarta, seperti lingkaran ‘kelam’ yang memaksa masyarakat membeli rumah di pinggiran Jakarta.

Hadirnya hunian berkonsep TOD yang terintegrasi dengan transportasi publik ini menjadi jawaban bagi masyarakat yang tinggal di luar jakarta. Pengembangan hunian ini menjadi Inovasi dalam penyediaan rumah vertikal dilokasi strategis. Masyarakat nantinya akan mudah menjangkau tempat kerjanya di ibu kota dengan memanfaatkan transportasi publik, seperti kereta commuter.

Saat ini telah dikembangkan 5 lokasi hunian berkonsep TOD, diantaranya Rusunami Tanjung Barat di Jakarta Selatan, Rusunami Pondok Cina di Depok, Rusunami TOD Jurang Mangu di Tangerang Selatan, Rusunami Rawa Buntu di Tangerang Selatan dan Rusunami TOD Cisauk di Kabupaten Tangerang.

Rusunami Tanjung Barat dikembangkan Perum Perumnas dan PT Kereta Api Indonesia (KAI) dengan menyediakan sebanyak tiga menara dengan total meliputi 1.232 unit. Sebanyak 289 unit diantaranya akan diperuntukanbagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Pembangunan ini ditargetkan selesai dalam 2 tahun dengan menelan investasi sebesar Rp 705 miliar.

Rusunami Pondok Cina Depok dibangun di atas lahan seluas 27.706 m2. Dari empat menara tersebut akan ada sebanyak 3.693 unit. Untuk proyek ini, Perumnas menginvestasikan dana sebesar Rp 1,45 triliun.

Rusunami TOD Rawa Buntu Tangerang dibangun diatas lahan seluas 24.626 m2 sebanyak 6 tower dengan total hunian sebanyak 3.632 unit. Pada tahap pertama dibangun sebanyak 3 tower terdiri dari 1.816 unit terbagi menjadi 330 hunian subsidi dan 1.486 hunian non subsidi.

Rusunami TOD Jurangmangu dibangun oleh PT HK Realtindo, anak usaha BUMN PT. Hutama Karya (Persero). Rencananya di atas lahan seluas 4,6 hektare akan dibangun sebanyak 4.510 unit yang juga terdiri atas 6 tower. Sedangkan Rusunami TOD Cisauk Kabupaten Tangerang dikerjakan oleh oleh PT. Adhi Karya (Persero) Tbk sebanyak 2.641 unit yang terbagi dalam 6 tower. Tahap pertama dibangun 832 unit terbagi menjadi 300 unit hunian subsidi dan 532 unit hunian non subsidi.

Sumber : Perumnas.co.id

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU