Minggu, 28 April 2024

Adaptasi Kebiasaan Baru, Bandara Soekarno-Hatta Terapkan Tiga Lapis Keamanan

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II akan menerapkan tiga tingkat keamanan di 19 bandara yang dikelolanya di masa tatanan normal baru dunia penerbangan, termasuk di Bandara Soekarno-Hatta. Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, peningkatan keamanan berlapis tersebut bertujuan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di seluruh bandara yang dikelola AP II.

 

Pertama adalah physical security atau keamanan fisik yang terfokus pada ancaman kriminalitas dan terorisme di Bandara.

 

“Di saat kondisi normal, aspek keamanan bandara fokus melakukan apa yang disebut dengan Physical Security,” tutur Awaluddin dalam keterangan tertulis Jumat (10/7).

 

Awaluddin mengatakan, personel di bandara menjaga akses publik dan akses terbatas di bandara, lalu melakukan pemeriksaan terhadap calon penumpang pesawat guna memastikan tidak ada benda berbahaya di pesawat. Kemudian keamanan tersebut ditingkatkan di fase adaptasi kebiasaan baru dengan keamanan yang disebut dengan Bio-Security.

 

Awaluddin mengatakan, bandara juga fokus pada Bio-Security guna memastikan adanya jaga jarak atau physical distancing, pengawasan terhadap kesehatan atau health screening dan menyediakan fasilitas yang dapat berjalan tanpa sentuhan atau touchless.

 

“Juga memastikan kebersihan dan memastikan kesehatan karyawan,” kata Awaluddin.

 

Kemudian pengamanan ketiga adalah cyber security yang memanfaatkan teknologi untuk memperkuat keamanan data dan integrasi sistem di bandara.

 

“Sektor penerbangan sangat bergantung pada integrasi berbagai sistem yang kompleks dan perlu dilindungi secara holistik, karena itu kami juga fokus pada cyber security,” ujar dia.

 

Sumber: Kompas.co.idMetro Banten

Foto: dok. Humas AP II

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU