Rabu, 19 Juni 2024

BUMN Ini Masuk Daftar Perusahaan Terbaik Dunia, Kalahkan Perusahaan Populer Asal Mancanegara

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | Salah satu BUMN Indonesia kembali masuk daftar perusahaan terbaik di dunia versi Forbes. Perusahaan ini bahkan mengalahkan beberapa perusahaan terkenal lain asal mancanegara. Perusahaan yang dimaksud adalah PT Telkom Indonesia (Persero) atau Telkom. Perusahaan dengan fokus di bidang jasa layanan teknologi informasi dan komunikasi ini berhasil menduduki peringkat 153 dari 800 daftar perusahaan di dunia.

Berdasarkan peringkat itu, Telkom terbukti mengalahkan beberapa perusahaan besar lain, seperti perusahaan retail asal Inggris Tesco, produsen permainan Lego Group, perusahaan kamera Canon, hingga perusahaan media yang terkenal di dunia Walt Disney.

Dalam riset Forbes yang berjudul ‘World Best Employers’ edisi keenam 2022, Telkom masuk jajaran perusahaan terbaik dunia karena memenuhi beberapa indeks penilaian penting, di antaranya Indeks penilaian tersebut antara lain bagaimana citra perusahaan di khalayak masyarakat, pengembangan bakat, kesetaraan gender, dan tanggung jawab sosial. Selain itu, perusahaan tersebut juga harus memiliki skema bisnis yang profitable, berkelanjutan, dan berdampak bagi masyarakat.

Didirikan pada tanggal 24 September 1991, Telkom berkantor pusat di Bandung, Indonesia. Berdasarkan laman resminya, Telkom merupakan BUMN yang pemegang saham mayoritasnya adalah pemerintah.

Saat ini, saham Telkom sebagian besar masih dipegang oleh pemerintah, total saham tersebut mencapai 52.09% dan sisanya sebesar 47.91% dimiliki oleh publik. Sementara untuk bisnis Telkom sendiri telah dibagi menjadi 3, yaitu:

  1. Digital Connectivity, mulai dari Fiber to the x (FTTx), 5G, Software Defined Networking (SDN)/ Network Function Virtualization (NFV)/ Satellite
  2. Digital Platform, terdiri dari Data Center, Cloud, Internet of Things (IoT), Big Data/ Artificial Intelligence (AI), Cybersecurity
  3. Digital Services, yang terdiri dari Enterprise, Consumer

 

Sumber: Detik.com 

Dok: telpro–emarket.com

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU