Sabtu, 27 April 2024

Telkom Kembangkan Layanan Psikologis Dampak Pandemi Covid-19

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk atau Telkom melalui anak perusahaannya PT Infomedia ikut mengembangkan layanan psikologi nasional untuk kesehatan jiwa atau disebut SEJIWA guna menghadapi dampak Covid-19.

 

Layanan ini berwujud pusat informasi terpadu melalui call center kegawatdaruratan 119 ext 8. Dalam layanan ini, Telkom menggandeng ahli sukarelawan dari Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi) yang akan berkolaborasi dalam melayani masyarakat yang membutuhkan bimbingan psikis.  

 

Melibatkan 163 orang tenaga ahli psikologi untuk memberikan pendampingan dalam upaya meminimalisasi dampak psikologis Covid-19 dimasyarakat, layanan SEJIWA resmi diluncurkan pada tanggal 28 April 2020.

 

Melayani 3 langkah penanganan psikologis, yaitu edukasi publik, konsultasi awal kejiwaan, dan pendampingan oleh tenaga ahli, saat ini SEJIWA telah melayani lebih dari 5 ribu panggilan dari sejak awal diluncurkan.

 

Kantor Staf Presiden (KSP), Kementerian Kominfo, dan Kementerian PPPA pun kompak mengapresiasi langkah Telkom dan Himpsi dalam peluncurkan layanan yang mendapat banyak respon positif dari masyarakat ini.

 

Direktur Enterprise Business Service Telkom Bogi Witjaksono mengungkapkan bahwa saat ini Telkom Group sendiri telah menyediakan berbagai kanal komunikasi untuk membantu pemerintah dalam memberikan pelayanan publik untuk kasus gawat darurat, baik berupa aplikasi maupun call center kegawatdaruratan terpadu.

 

Dari sisi call center yang dikelola anak usahanya Infomedia, Bogi mencatat bahwa saat ini Telkom Group telah mengoperasikan 4 line khusus untuk layanan darurat, yaitu melalui nomor akses 110 yang dikelola langsung mabes Polri, 112 yang dikelola langsung dibawah Kementerian Kominfo, nomor akses 117 untuk pelayanan darurat yang digunakan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan tentunya call center kegawatdaruratan terpadu 119.

 

“Harapan kami bahwa layanan pusat informasi terpadu emergency call center ini akan dapat membantu pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat di masa yang sulit seperti saat ini,” ungkap Bogi.

 

Bogi juga menyampaikan, ke depannya Telkom akan terus mengembangkan layanan darurat yang dikelola Infomedia sehingga mampu memberikan pelayanan terbaik dan dipercaya masyarakat untuk merespon berbagai kondisi kegawatdaruratan yang dihadapinya sebagaimana penerapan 911 di negara lain.

 

“Jadi seluruh masyarakat di manapun berada yang membutuhkan informasi ataupun pendampingan terkait kasus Covid-19 silahkan menghubungi 119. Kami harap dengan kemudahan informasi dan komunikasi yang akurat dari pemerintah melalui Corona Crisis Center 119, masyarakat dapat lebih tenang, tidak panik, dan tetap semangat beraktifitas,” tandas Bogi.

 

Sumber: AntaranewsMonitor

Foto: dok. Telkom

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU