Sabtu, 20 April 2024

Adhi Karya (ADHI) Ubah RS Akademik UGM Jadi RS Darurat Covid

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | PT Adhi Karya (Persero) Tbk atau ADHI ditunjuk oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk melaksanakan pekerjaan renovasi Rumah Sakit Akademik UGM. Renovasi bertujuan untuk mengubah Gedung Yudhistira dan Gedung Arjuna menjadi RS Darurat COVID-19 untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

 

Sekretaris Perusahaan Adhi Karya Parwanto Noegroho menyatakan, percepatan penyelesaian lanjutan pembangunan kedua gedung tersebut sebagai tindak lanjut dalam meningkatkan antisipasi dan kesiapan penanganan masyarakat yang terdampak Covid-19.

 

“Selain itu, pembangunan ini juga sebagai langkah lanjutan dari perlindungan bagi masyarakat terhadap potensi ancaman Covid-19 yang semakin besar,” kata Parwanto dalam keterangan tertulis.

 

Fungsi Gedung Yudhistira dan Gedung Arjuna yang sedang dibangun ini sebagai Rumah Sakit Rujukan COVID-19 yang nantinya akan memenuhi standar protokol khusus penanganan dampak virus tersebut.

 

Waktu dan pelaksanaan pembangunan sangat terbatas, hanya 30 hari kerja. Hal ini dikarenakan kedua gedung tersebut akan segera dimanfaatkan, sehingga perlu dilakukan penyesuaian bahan material yang digunakan terhadap ketersediaan di pasaran.

 

Jenis pengadaan paket pekerjaan ini merupakan Pekerjaan Konstruksi Terintegrasi Rancang Bangun (design and build) dengan status Pengadaan Khusus Penanganan Keadaan Darurat yaitu berupa bencana non-alam, berupa wabah penyakit.

 

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, penyelesaian RS Akademi UGM tersebut merupakan bagian dari refocussing kegiatan Kementerian PUPR sebesar Rp 1,83 triliun untuk mendukung percepatan penanganan Covid-19. RS rujukan tersebut akan memiliki kapasitas 107 tempat tidur untuk rawat inap, ruang tindakan dan ruang isolasi.

 

“Berdasarkan hasil penilaian teknis Balitbang PUPR, secara struktur gedung RS masih baik dan bisa dipakai. Dengan demikian, penyelesaian RS ini tidak memakan waktu terlalu lama. Target selesai adalah pada minggu keempat Mei 2020. RS tersebut terdiri dari dua gedung masing-masing terdiri dari lima lantai dengan luas seluruhnya sekitar 8.600 m2,” tutur Basuki dalam rilis.

 

Sumber: Adhi KaryaKontan.co.id

Foto: dok. Humas RSA UGM

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU