Kamis, 6 Juni 2024

Punya Infrastruktur hingga SDM Mumpuni, 3 Bandara Angkasa Pura II Raih Penghargaan Global ACI

ads-custom-5

Jakarta, BUMN Info – Tiga bandara milik PT Angkasa Pura II (AP II), yaitu Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang; Bandara Supadio, Pontianak; serta Bandara Depati Amir, Pangkalpinang, berhasil mendapatkan penghargaan pada ajang Airport Service Quality (ASQ) Awards 2023 dari Airport Council International (ACI).

Ketiga bandara tersebut meraih total 10 penghargaan, dengan masing-masing bandara menerima penghargaan sebagai terbaik di Asia Pasifik. ACI sendiri merupakan organisasi internasional yang menaungi sekitar 1.950 bandara di 185 negara di dunia. Penghargaan ASQ Awards diadakan untuk menilai customer experience lewat metode ketat dan ilmiah karena menggunakan survei langsung di bandara dengan 30 indikator passenger experience.

Vice President (VP) of Corporate Communication (Corcomm) AP II, Cin Asmoro mengungkapkan rasa bangganya atas pencapaian tersebut. Ia senang karena tiga bandara di Indonesia sudah diakui sebagai bandara-bandara terbaik di Asia-Pasifik.

“Pengembangan infrastruktur, pemanfaatan informasi teknologi (IT), serta peningkatan sumber daya manusia (SDM) menjadi kunci bagi bandara-bandara AP II untuk memiliki standar pelayanan tinggi. Penghargaan ini merefleksikan semangat AP II dalam melayani penumpang pesawat,” ujar Cin lewat siaran persnya, Jumat (15/3/2024). Dia pun berterima kasih kepada sejumlah stakeholder bandara dan masyarakat yang telah membantu bandara-bandara itu meraih penghargaan ASQ Awards 2023.

Adapun penghargaan ACI ASQ Awards 2023 yang diberikan kepada Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang) adalah ACI World Director General’s Roll of Excellence, Best Airport of 2 to 5 Million Passenger in Asia-Pacific, Easiest Airport Journey in Asia-Pacific, dan Most Enjoyable Airport in Asia-Pacific. Executive General Manager (EGM) Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Iwan Winaya mengatakan, empat penghargaan itu diharapkan dapat membawa nama baik Palembang dan Indonesia di kancah dunia.

Dia mengaku bersyukur, karena pada 2022, Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II hanya mendapatkan satu penghargaan saja, yakni Best Airport of 2 to 5 Million Passenger in Asia. “Tahun ini, kami mendapatkan penghargaan ACI World Director General Roll of Excellence yang hanya diberikan kepada bandara yang telah meraih ASQ Awards 2023 selama 5 tahun dalam periode 10 tahun program. (Penghargaan) ini sangat spesial bagi kami,” ujarnya. Sementara itu, dia menjelaskan, tiga penghargaan lainnya, merupakan apresiasi dari penumpang pesawat untuk Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II yang dinilai telah memberikan pengalaman terbang terbaik.

Untuk Bandara Supadio di Pontianak, penghargaan yang diberikan ada empat, yaitu Best Airport of 2 to 5 Million Passengers in Asia-Pacific, Airport with the Most Dedicated Staff in Asia-Pacific, Easiest Airport Journey in Asia-Pacific, dan Cleanest Airport in Asia-Pacific.  EGM Bandara Supadio, M Iwan Sutisna menyampaikan rasa terima kasihnya kepada para penumpang pesawat yang telah membantu bandara ini meraih empat penghargaan ASQ Awards 2023.

“Penghargaan ini menjadi penyemangat kami untuk terus memperkuat konektivitas penerbangan di Pontianak,” ujar Iwan. Adapun penghargaan Airport With the Most Dedicated Staff in Asia-Pacific juga menjadi kebanggaan tersendiri bagi Bandara Supadio.

Dia mengapresiasi seluruh stakeholder dan staf bandara yang telah bekerja keras hingga mendapatkan apresiasi dari para penumpang. Selanjutnya, Bandara Depati Amir, Pangkalpinang berhasil meraih dua penghargaan, yaitu Best Airport Under 2 Million Passengers in Asia-Pacific serta Cleanest Airport in Asia-Pacific. EGM Bandara Depati Amir, Mohamad Adiwiyatno, berterima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah membantu bandara mendulang prestasi tersebut. “(Penghargaan) ini menjadi kebanggan bagi kami. Para staf dan stakeholder Bandara Depati Amir akan terus memberikan pelayanan terbaik bagi penumpang pesawat,” ucapnya.

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU