Jumat, 19 April 2024

Jumlah Pengguna Menurun, Jalan Tol Jasa Marga Tetap Beroperasi Normal

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | PT Jasa Marga (Persero) menegaskan operasional jalan tol yang dikelola Jasa Marga hingga saat ini masih berjalan normal di tengah menyebarnya virus corona. Kendati demikian, Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru mengakui terjadi penurunan jumlah pengguna jasa jalan tol.

Menurut data yang dipegang Jasa Marga, secara umum hingga akhir pekan lalu terlihat adanya penurunan kepadatan lalu lintas di jalan tol yang dikelola Jasa Marga Group di Indonesia.

“Terdapat beberapa ruas jalan tol Jasa Marga Group yang lalu lintasnya turun signifikan, contohnya Jalan Tol Sedyatmo (Bandara Soetta) dan Jalan Tol Bali-Mandara. Namun, juga ada beberapa ruas jalan tol yang lalinnya turun tapi tidak signifikan,” ucap Heru.

Heru juga menanggapi kabar yang beredar di media sosial bahwa beberapa ruas jalan tol milik Jasa Marga di Jabotabek ditutup adalah tidak benar.

“Ruas jalan tol wilayah Jabotabek yang dioperasikan Jasa Marga Group diantaranya Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Jalan Tol Jakarta-Tangerang, Jalan Tol Dalam Kota Jakarta, Jalan Tol Sedyatmo (Bandara), Jalan Tol Jagorawi dan Jalan Tol JORR Non S masih beroperasi dengan normal,” ungkapnya.

Heru memastikan bahwa Jasa Marga Group telah melakukan sejumlah protokol pencegahan penyebaran virus corona dengan melangsungkan work from home (WFH) dari 17 Maret hingga 31 Maret 2020 dan akan dipantau situasinya untuk dievaluasi. Kebijakan ini juga berlaku untuk karyawan di Jasa Marga Group kecuali Petugas Operasional, Penerimaan Dokumen, Keamanan, Kebersihan dan Teknisi.

Heru menekankan mitigasi yang dilakukan di ranah operasional gerbang tol sangat penting karena merupakan ujung tombak transaksi yang melibatkan pengguna jalan maupun Petugas Customer Service (CS) dan Mobile Customer Service (MCS).

“Sesuai arahan Presiden dan Kementerian BUMN, pelayanan publik dalam hal ini operasional jalan tol tetap berjalan dengan normal. Untuk itu diperlukan mitigasi pengendalian Covid-19 di gerbang tol yang dimulai dari kebersihan lajur transaksi di setiap gerbang tol,” ucap Heru.

Jasa Marga melalui anak usahanya PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO) meningkatkan langkah antisipasi pengendalian Covid-19 dengan menerapkan social distancing secara bertahap termasuk dalam hal aktivitas transaksi tol. Salah satunya dengan menutup sementara fasilitas top up tunai di gerbang tol wilayah Jabotabek yang secara aktif diberlakukan sejak Kamis (19/3). Pihaknya mengimbau kepada para pengguna untuk mengecek saldo uang elektronik sebelum melintasi jalan tol agar tidak ada antrean transaksi di gerbang tol.

Turuti Pemerintah Soal Mudik

Terkait mudik Lebaran tahun ini, Jasa Marga akan mematuhi segala kebijakan pemerintah guna mencegah penyebaran virus corona lebih luas. Corporate Secretary Jasa Marga M. Agus Setiawan mengatakan bahwa pihaknya akan menunggu keputusan final dari pemerintah terkait mudik Lebaran.

“Jasa Marga akan melaksanakan apa yang jadi kebijakan pemerintah dan memastikan pelayanan yg diberikan memenuhi SPM (standard pelayanan minimal),” kata Agus.

Saat ini Kementerian Perhubungan masih terus menggodok keputusan resmi perihal mudik Lebaran apakah nantinya hanya akan bersifat imbauan atau larangan. Hal ini penting dikaji untuk memblokir penyebaran virus hingga ke desa-desa.

Di sektor jalan tol Kepala BPJT (Badan Pengatur Jalan Tol) Danang Parikesit mengatakan rapat koordinasi telah dilakukan sebanyak dua kali oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi terkait mudik Lebaran 2020 termasuk persiapan rest area dan pembangunan jalan tol.

Danang menyebutkan, pihaknya sudah merekomendasikan empat scenario kebijakan mulai dari menjalankan bisnis seperti biasanya, hingga skenario pelarangan mudik dan berkumpul dalam jumlah banyak di rest area.

“Kita tunggu keputusan pimpinan (Menteri PUPR). Setelah ada keputusan, maka kita akan buat mitigasinya,” ungkapnya.

 

Sumber: AyoCirebonBisnis.com

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU