Jumat, 12 April 2024

Patra Jasa Sulap Hotelnya Jadi Rumah Sakit Corona

ads-custom-5
Jakarta, BUMNInfo | Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyiapkan Hotel Patra Comfort sebagai rumah sakit tempat penanganan orang dalam pemantauan (ODP) terkait virus corona. Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga menerangkan  hotel yang terletak di Jl. Ahmad Yani, Cempaka Putih, Jakarta tersebut akan menyiapkan jumlah kapasitas tempat tidur sebanyak 52 unit.
 
“Jadi 52 tempat tidur itu untuk yang di hotel. Itu untuk ODP, jadi safe house lah,” jelas Arya.
 
Selain Hotel Patra Comfort, RS Pertamina Jaya juga akan menangani pasien namun yang telah terinfeksi virus corona. Arya mengungkapkan akan ada 10 dokter spesialis, delapan dokter umum, dan tiga perawat yang terlatih menangani pasien virus corona di rumah sakit dan hotel tersebut.
 
Pemerintah juga tengah berupaya untuk menambah kapasitas tempat tidur sehingga mampu menampung lebih banyak pasien yang terinfeksi virus corona.
 
“Sebanyak 90 tempat tidur kami tambahkan nantinya dengan bangunan khusus yang kami bangun. Ini dipersiapkan untuk pasien corona,” pungkas Arya.
 
Hotel Patra Comfort Jakarta dikelola oleh PT Patra Jasa, badan usaha di industri perhotelan. Badan usaha ini merupakan entitas dari BUMN PT Pertamina (Persero). Perusahaan ini telah melayani masyarakat sejak 17 Juli 1975. Patra Jasa awalnya didirikan dengan nama Vacantie Cord Puntjak N.V. pada tahun 1963 sebelum diambil alih Pertamina dan bertransformasi menjadi Patra Jasa. Dengan kepemilikan saham oleh Pertamina sebesar 99,98% dan PT Pertamina Patra Niaga sebesar 0,02%.
 
Tak hanya hotel, Patra Jasa juga bergerak di bidang penyewaan kantor, residensial dan beberapa bisnis lainnya. Selain Jakarta, Patra Jasa juga memiliki hotel lain di enam lokasi berbeda seperti Bali, Bandung, Semarang, Cirebon, Parapat dan Anyer.
 
PT Patra Jasa optimistis mampu memperluas cakupan bisnis berdasarkan pada tiga pilar utama, yaitu property & development, hotel & resort dan multi services.
 
“Pada tahun 2016, kami melakukan transformasi bisnis di luar bisnis utama kami, yaitu di bidang hospitality. Kami merasa hal ini perlu dilakukan karena ada banyak potential market yang bisa kami maksimalkan, salah satunya bisnis property dan multi services,” ujar Direktur Utama PT Patra Jasa Ferry Febrianto.
 
Dalam aspek property & development, saat ini PT Patra Jasa mengembangkan pembangunan Gedung Graha Pertamina setinggi 20 lantai di kawasan Gambir, Jakarta. Kemudian proyek Patra Land Amarta yaitu apartement hunian bergengsi di Yogyakarta dengan 700 kondotel dan apartemen strata title, Patraland Urbano di Bekasi hunian berupa tiga menara apartement dengan total 1.700 Unit, Kawasan Bisnis terintegrasi di Kelurahan Baciro Yogyakarta, serta Patra Cirebon Hotel and Convention Hotel bintang tiga menyatu dengan kawasan pembangunan terpadu Patra Park.
 
Selain itu, PT Patra Jasa juga memiliki proyek Arkananta Kondominium di Kawasan Patra Kuningan Jakarta seluas 2 hektar, distrik energi masa depan di HR Rasuna Said Jakarta dan Kawasan Mixed-Use Simprug yang akan menjadi pelopor hunian residensial dengan fasilitas hotel hingga convention.
 
Dalam aspek hotel & resort, PT Patra Jasa mengembangkan beberapa proyek dengan mendirikan sejumlah hotel dan menambah sejumlah fasilitas hotel, di antaranya Patra Comfort Dumai, Patra Comfort Puncak dan Patra Comfort Sosrowijayan.
 
Dalam aspek multi services, PT Patra Jasa mengembangkan bisnis food & beverages dengan menghadirkan Cafe Cerita dan Facility Management Services (FMS) yang bergerak dalam bidang multi jasa, serta menyediakan layanan terpadu atau integrated facility management, seperti cleaning hingga catering services.
 
Untuk mendukung ketiga pilar bisnisnya, PT Patra jasa juga gencar mendorong peran anak perusahaan. Di antaranya Mitra Tours and Travel (MTT) yang bergerak di bidang jasa tour & travel, Prima Armada Raya (PAR) yang bergerak di bidang jasa penyewaan kendaraan serta layanan pengemudi, serta Hotel Indonesia Group (HIG) yang merupakan hasil sinergi antar BUMN perhotelan dengan mengedepankan semangat “Going Beyond Even Onward”.
 
Foto: TripAdvisor
 

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU