Rabu, 17 April 2024

BUMN Gandeng Jepang-Jerman, Mau Kembangkan Proyek Energi Bersih

ads-custom-5

BUMNInfo, Jakarta – PT Pupuk Indonesia (Persero) akan mengembangkan industri green dan blue amonia di Indonesia. Dalam pengembangan proyek energi bersih ini, Pupuk Indonesia akan mengadaptasi teknologi dari Jepang dan Jerman.
Langkah yang ditempuh perusahaan ini sesuai komitmen pemerintah dalam mendukung program transisi energi.

“Kami terus melakukan pengembangan dengan cost yang efisien. Salah satu strategi dalam transisi energi adalah green amonia yang menjadi fokus perusahaan saat ini,” ujar Direktur Portofolio & Pengembangan Usaha Pupuk Indonesia Jamsaton dalam keterangannya, Minggu (2/4/2023).

Langkah Pupuk Indonesia dalam mengembangkan ekosistem clean amonia mendapat dukungan dari Jepang dan Jerman. Ministry of Economy, Trade and Industry Japan (METI) menilai pengembangan clean amonia merupakan langkah strategis dalam agenda dekarbonisasi.

Director for Fuel Ammonia, Petroleum and LNG Policy, Agency for Natural Resource and Energy, METI, Masashi Watanabe menjelaskan Indonesia memiliki potensi pengembangan clean amonia yang besar. Langkah pengembangan clean amonia ini juga dinilai lebih efektif mengurangi emisi karbon hingga 60% lebih besar daripada teknologi co-firing.

“Hal ini sudah terimplementasi di Jepang. Kami bahkan memproyeksikan peningkatan permintaan amonia hingga 30 juta ton pada tahun 2050 mendatang. Indonesia bisa berperan dalam menjadi pemasok amonia ini,” ujar Masashi.

Masashi menjelaskan ada beberapa proyek kerja sama antara Jepang dan Indonesia yang dikembangkan untuk meningkatkan ekosistem clean amonia ini. “Kami mendukung penuh Indonesia untuk bisa merealisasikan proyek ini,” tambah Masashi.

Vice President Industry Services, TÃœV SÃœD South Asia Bratin Roy menjelaskan, Indonesia merupakan negara dengan pengembangan amonia yang besar. Salah satu tantangan saat ini adalah permodalan dan investasi dalam pengembangan ekosistem clean amonia ini.

Menurut Bratin, perlu adanya peningkatan standarisasi hasil dari produksi green amonia Indonesia.

“Indonesia seperti negara Asia lainnya mempunyai potensi pengembangan clean amonia yang besar. Itu kami bersama Pupuk Indonesia melakukan kajian bersama untuk meningkatkan standarisasi hasil green amonia dan memastikan langkah ini benar-benar bisa mencapai target pengurangan emisi global,” ujar Bratin Roy.

Source : Detik Finance

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU