Rabu, 17 April 2024

Pelni Siap Operasikan 23 Kapal per September 2020

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | Penumpang kapal penumpang PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT PELNI (Persero) pada pertengahan triwulan ketiga 2020 tercatat mengalami peningkatan 314% dibandingkan triwulan sebelumnya. Perusahaan berharap 11 pelabuhan yang masih menutup aktivitasnya dapat beroperasi sesegera mungkin.

 

Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT PELNI Yahya Kuncoro menyampaikan bahwa meskipun 11 pelabuhan masih ditutup, sejumlah 23 dari 26 kapal penumpang siap beroperasi pada bulan September 2020. Pelabuhan yang hingga saat ini masih ditutup oleh Pemda setempat adalah Tarempa, Letung, Kijang, Karimunjawa, Bontang, Lewoleba, Namrole,  Saumlaki,  Nabire, Agats, dan Merauke, ungkap Yahya.

 

Tercatat, data pada TW III-2020 hingga per 13 September 2020 jumlah penumpang pada kapal penumpang PT PELNI sebanyak 151.685 atau naik 314% dari 36.603 penumpang di TW II-2020. Jumlah kenaikan penumpang ini memang cukup signifikan, hal ini karena pada triwulan kedua jumlah kapal yang beroperasi lebih sedikit dibandingkan triwulan ketiga akibat adanya Pandemi Covid-19, jelas Yahya.

 

September 2020 ini, telah dijadwalkan 23 kapal penumpang untuk beroperasi, satu kapal telah beroperasi terlebih dahulu pada minggu kedua yakni KM Tidar, sedangkan 22 kapal penumpang lainnya akan memulai kegiatan operasional pada pekan akhir September, dan tersebar di seluruh Indonesia.

 

Sementara itu, KM Kelud dan KM Bukit Raya sedang melaksanakan docking, selanjutnya KM Pangrango juga akan dipersiapkan untuk docking. Kami berharap pada Oktober 2020 nanti 26 kapal penumpang dapat beroperasi dengan normal kembali, tambah Yahya.

 

Masyarakat dapat mengetahui perkembangan informasi mengenai rute dan jadwal kapal penumpang yang selalu Perusahaan perbaharui melalui sosial media resmi di @Pelni162 dan website www.pelni.co.id atau bisa juga menghubungi contact center PELNI di 021-162.

 

PELNI sebagai Perusahaan Badan Usaha Milik Negara yang bergerak pada bidang transportasi laut hingga saat ini telah mengoperasikan sebanyak 26 kapal penumpang dan menyinggahi 83 pelabuhan serta melayani 1.100 ruas.

 

Selain angkutan penumpang, PELNI juga melayani 45 trayek kapal perintis yang menjadi sarana aksesibilitas bagi mobilitas penduduk di daerah T3P dimana kapal perintis menyinggahi 275 pelabuhan dengan 3.739 ruas. PELNI juga mengoperasikan sebanyak 20 kapal Rede. Sedangkan pada pelayanan bisnis logistik, kini PELNI mengoperasikan 4 kapal barang, 8 kapal tol laut serta 1 kapal khusus ternak.

 

Sumber: Kontan.co.idTempo.co

Foto: ANTARA/Moch Asim

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU