Sabtu, 20 April 2024

Transportasi Umum Beroperasi, Transaksi E-money Bank Mandiri Mulai Naik Pada Juni

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | Adanya pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menekan penyebaran virus corona atau Covid-19 di Indonesia dalam tiga bulan terakhir ini berefek pada penurunan transaksi uang elektronik berbasis kartu yang dimiliki sejumlah bank. Pasalnya, sebagian besar penggunaan uang elektronik ada di sektor transportasi.

 

Uang elektronik berbentuk kartu keluaran PT Bank Mandiri (Persero) yakni e-money, mengalami penurunan transaksi sebesar 17% secara year on year (yoy) per Mei 2020 karena penggunaannya selama ini didominasi untuk pembayaran di sektor transportasi. Sementara penggunaan transportasi, baik pribadi maupun umum anjlok akibat pembatasan mobilisasi tersebut.

 

Di bulan Juni ini, setelah pemerintah memberlakukan masa PSBB transisi, transaksi mulai meningkat. Capaian itu diakui oleh SVP Transaction Banking Retail Sales Bank Mandiri Thomas Wahyudi.

 

“Seiring dengan mulainya fase 1 dan 2 pelonggaran PSBB, transaksi e-money hingga 15 Juni 2020 meningkat sebesar 42% dibanding dengan bulan sebelumnya,” ungkap Thomas dikutip dari Kontan.co.id, Kamis (18/6).

 

Untuk mendorong transaksi e-money sampai akhir tahun, Bank Mandiri akan terus memperluas acceptance uang elektronik tersebut, menyediakan sarana isi ulang, membangun cashless society, meningkatkan produksi kartu, memudahkan akses pembelian kartu untuk konsumen, edukasi, dan menghadirkan e-money dengan tampilan desain khusus yang menarik.

 

Bank Mandiri juga berencana untuk melakukan kerjasama dengan dengan merchant retail seperti Indomaret dengan membuat program bersama seperti potongan harga di klik IDM seperti yang sedang berjalan saat ini dan program-program menarik lainnya dengan transaksi menggunakan Mandiri e-money. Sementara inovasi dari isi ulang e-money yang baru dilakukan adalah sudah bisa dilakukan nasabah perseroan pengguna smartphone iOS menggunakan fitur NFC.

 

Hingga Mei 2020, kartu e-money yang beredar sudah lebih dari 21 juta. Thomas optimistis dengan adanya kebijakan new normal target penambahan 4 juta – 5 juta kartu pada tahun ini.

 

Sumber: Kontan.co.idKatadata

Foto: Republika

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU