Senin, 29 April 2024

Kejar Konektivitas Udara Indonesia Timur, AP I Fokus Kembangkan 4 Bandara

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfom | Untuk mengejar konektivitas udara di Indonesia Timur, PT Angkasa Pura I (Persero) kini berfokus mengembangkan empat bandara yang dikelolanya. Keempat bandara tersebut adalah Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kulon Progo, Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, Bandara Lombok Praya, dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar.

“Seiring dengan fokus pemerintah pada pengembangan infrastruktur transportasi tersebut, kami juga terus mendorong pengembangan beberapa bandara di wilayah tengah dan timur Indonesia,” kata Direktur Utama Angkasa Pura (AP) I Faik Fahmi di Jakarta, Senin 4 November 2019.

Mengutip pidato pelantikan Presiden Jokowi, Faik mengatakan bahwa pembangunan infrastruktur masih menjadi fokus kerja pemerintah untuk lima tahun ke depan. Infrastruktur dinilai masih merupakan hal penting untuk menghubungkan kawasan produksi dengan distribusi yang mempermudah akses sektor pariwisata. “Sehingga dapat mendongkrak pembukaan lapangan pekerjaan baru yang dapat mengakselerasi nilai tambah perekonomian rakyat,” kata dia.

Faik menjelaskan hingga 20 Oktober 2019, proyek pengembangan Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin yang masuk dalam proyek strategis nasional (PSN) sudah mencapai 93,6 persen dan ditargetkan dapat mulai dioperasikan dan diresmikan pada akhir 2019.

Kapasitas terminal penumpang bandara ini akan bertambah menjadi 7 juta penumpang per tahun, atau naik hampir lima kali lipat dari kapasitas terminal lama yang hanya dapat menampung 1,5 juta penumpang per tahun. Pada 2018, Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin melayani 3,9 juta penumpang.

Proyek pengembangan Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin yang menelan dana hingga Rp2 triliun ini mencakup pembangunan terminal baru, perluasan apron, dan perluasan terminal kargo. Setelah selesai penuh, luas terminal penumpang bertambah menjadi 77.569 m² dari 9.043 m².

Sumber : bisnis.tempo.co

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU