Rabu, 22 Mei 2024

Tingkatkan Kesejahteraan Petani, Pupuk Indonesia Serap Gabah Petani Dengan Harga Kompetitif

ads-custom-5

Karawang, BUMNInfo | PT Pupuk Indonesia (Persero) menindaklanjuti kerja sama dengan PT Mitra Desa Bersama Tempuran. Hal ini dilakukan sebagai langkah untuk menjaga stabilitas harga gabah, sehingga bisa membantu meningkatkan kesejahteraan petani.

Di mana Pupuk Indonesia memiliki tugas mengelola PT Mitra Desa Bersama Tempuran di Kabupaten Karawang yang memiliki anggota 126 Kelompok Tani dan 5.903 petani dengan luas lahan pertanian 6.679 hektar, dengan produktivitas gabah lebih dari 8 ton. 

PT Mitra Desa bersama Tempuran menjadi lembaga usaha yang dimiliki seluruh petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Harapan Tani di Kecamatan Tempuran, sehingga pengelolaan pertanian petani kini menjadi satu pintu.

Direktur Utama PT Pupuk Indonesia Aas Asikin Idat menegaskan, Pupuk Indonesia Grup berkomitmen mendorong berkembangnya Bumdes sebagai upaya meningkatkan ketahanan pangan yang kuat dan mandiri.

”Dalam meningkatkan perekonomian pedesaan dengan mengkorporatisasi para petani dan Bumdes agar bisa mengoptimalisasi hasil potensi-potensi produk pedesaan,” kata Aas.

Untuk penyaluran pupuk, Pupuk Indonesia juga melakukan kerja sama dengan PT. Mitra BUMdes Nusantara dengan membuka kios pupuk dan Saprotan di Kecamatan Rawamerta dan kecamatan Tempuran. Harapannya seluruh petani di pedesaan wilayah Tempuran dan Rawamerta bisa terpenuhi kebutuhan pupuk bersubsidinya.

Untuk informasi, RMU Rawamerta memiliki kapasitas produksi 4 ton per jam, memiliki kapasitas bahan baku sebesar 3000 ton, dan kapasitas bahan jadi sebesar 400 ton. RMU yang berdiri di atas lahan seluas 39.954 meter persegi ini menyerap gabah milik petani dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan harga jual gabah pasaran yaitu berkisar Rp5.300 – Rp5.400 per Kilogram, dan memproduksi beras dengan kisaran harga jual sebesar Rp8.900 – Rp11.600 per Kg. 

Adapun dalam hal penjualan dan pemasaran beras juga dilakukan oleh PT Pupuk Indonesia Pangan.

Sumber : www.jpnn.com

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU