Rabu, 22 Mei 2024

Terus Berkembang, PT PINDAD Tingkatkan Bisnisnya

ads-custom-5

PT PINDAD Persero merupakan bukti kemampuan industri pertahanan dalam negeri yang ditandai dengan keberhasilannya menghasilkan produk inovatif berteknologi tinggi dalam mendukung kemandirian Alutsista (Alat Utama Sistem Persenjataan) untuk menjaga kedaulatan NKRI dan produk komersial.

PINDAD1

PT Pindad memulai cikal bakal bisnisnya di dunia senjata sejak zaman Pemerintahan Belanda maka tak heran kini PT Pindad telah memproduksi berbagai jenis senjata api. Mulai dari senjata laras pendek (pistol) maupun senjata laras panjang yang terdiri dari berbagai varian.

Juga telah memproduksi Amunisi Kaliber kecil diantaranya 5,5; 7,6; 12,7mm dan Amunisi Kaliber besar diantaranya 90-105 mm. Setiap produksi diutamakan untuk mensuplai kebutuhan peralatan pertahanan dan keamanan nasional serta untuk memenuhi pemesanan dari pihak lain.  

Produksi senjata terus ditingkatkan kualitasnya berdasarkan penelitian dan pengembangan dari tenaga-tenaga ahli Pindad bersama dengan pengguna produk untuk menetapkan spesifikasi yang dibutuhkan.

Sistem mutu selalu dipelihara dengan menerapkan sistem mutu ISO 9000-2008 yang disertifikasi oleh LRQA. Karena itu senjata Pindad memiliki akurasi  yang baik dan ketahanan di medan peperangan sesuai dengan kebutuhan pertahanan dan keamanan. Sebagai bukti beberapa senjata telah berhasil meraih prestasi lomba tembak di berbagai negara.

 

Produk Kendaraan Tempur

PT Pindad mulai masuk pada pengembangan teknologi kendaraan bermotor pada tahun 1993 melalui program Mobil Nasional. PT Pindad telah bekerja sama dengan berbagai pihak baik dalam maupun luar negeri dalam upaya untuk mengembangkan teknologi fungsi kendaraan khususnya kendaraan tempur untuk memenuhi kebutuhan pertahanan dan keamanan nasional.

PINDAD2

Produk-produk kendaraan tempur yang dihasilkan, diantaranya: Anoa Amphibious yang dirancang untuk melintasi wilayah Indonesia khususnya di kedalaman yang medannya berat, Badak Panser Canon 6×6 yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan TNI. Komodo APC 4X4 merupakan kendaraan yang dirancang untuk pengintaian target dan Panser 6×6 “ANOA” yang telah diproduksi lebih dari 400 unit dengan berbagai varian serta ikut dalam misi perdamaian dunia PBB di berbagai Negara seperti Lebanon, Afrika Tengah, dan Sudan.

 

Produk Industrial

Sejalan dengan perkembangan Industri manufaktur di Indonesia dan komitmen PT Pindad dalam pembangunan dalam negeri, PT Pindad mengembangkan produk dan kemitraan strategis hingga berkembang menjadi salah satu pabrik manufaktur terkemuka dalam sektor industri dengan produk yang beragam dan kualitas Internasional.

PINDAD3

  1. PT Pindad menciptakan produk bahan peledak komersial untuk senantiasa mendukung anak bangsa dalam pembangunan infrastruktur dan pertambangan. Selain itu PT Pindad juga memproduksi produk tempa dan cor yang terbukti dapat mendukung pertumbuhan industry nasional.
  2. Pindad menciptakan sebuah produk pendukung transportasi darat yang dibuktikan dengan terwujudnya pertumbuhan rel kereta api di Indonesia.
  3. Pembuatan generator sampai dengan kapasitas 25rb mw serta jasa perbaikan lainnya adalah bentuk eksistensi PINDAD pada sektor energi.
  4.  Untuk terus meningkatkan kompetibilitas dalam dukungan terhadap permintaan pembangunan Infrastruktur dalam negeri, pertambangan dan perkebunan, PT PIndad persero memproduksi alat berat.

 

Kembangkan Industri Layanan Jasa

Tak berhenti sampai produksi produk industrial, lini industrial PT Pindad tahun ini  menyasar pasar layanan jasa (manage services). Layanan jasa dan service ini diyakini akan mendongkrak penjualan produk-produk Pindad. 

PINDAD4

PT Pindad yakin layanan jasa memiliki profit yang jauh lebih besar ketimbang hanya menjual produk semata. Sebagai contoh jika awalnya menjual ekscavator maka kedepan akan berkembang hingga maintenance dan spare-part.

Eksistensi Pindad di Pasar Global

PT Pindad menargetkan pertumbuhan ekspor hingga 30% secara year on year (yoy) menjadi Rp1 triliun pada tahun ini. Hingga saat ini ekspor Pindad telah masuk di negara-negara di kawasan Asean dan Afrika. Pindad menggiatkan ekspornya ke beberapa negara seperti Kamboja dan Nigeria untuk senapan serbu, Malaysia dan Australia untuk penanganan huru-hara, Korea Selatan, Singapura, Timor Leste, Filipina untuk amunisi, Laos untuk senjata dan amunisi, dan beberapa negara lainnya di kawasan Asia dengan rata-rata penjualan per tahun di kisaran 5 juta USD.  Namun demikian, saat ini perseroan tengah menjajaki pasar Amerika Serikat, terutama untuk produk amunisi kaliber 5,56 milimeter dan 9 milimeter.

“Kalau kami bisa menembus pasar AS. Maka dampaknya akan sangat besar kepada perseroan. Sebab, permintaan dari AS pasti akan berlanjut dan  kecenderungannya permintaan mereka naik terus per tahunnya,” tutup Direktur Utama PT Pindad (Persero) Abraham Mose.

 

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU