Minggu, 21 April 2024

Perkuat Sinergi, PT Taspen dan Bank BJB Jajaki Potensi Kerja Sama di Berbagai Lini Bisnis

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat & Banten (BJB) mempererat jalinan sinergi bersama PT Taspen dengan menjajaki potensi kerja sama baru di berbagai lini bisnis.

Penjajakan potensi ini dilakukan untuk mempererat jalinan kooperasi yang telah dilakukan kedua belah pihak di mana BJB telah menjadi salah satu mitra bank pembayaran pensiun ASN dan jasa perbankan lainnya yang telah berjalan selama ini.

Direktur Utama Bank BJB Yuddy Renaldi mengatakan, beragam potensi kerja sama yang terbilang prospektif ini dipetakan dan dijajaki kedua belah pihak agar bisa memberikan profit satu sama lain. “Baik Bank BJB maupun pihak Taspen melihat banyak peluang kerja sama yang berpotensi memberikan jalan untuk penetrasi bisnis badan usaha milik negara tersebut. Banyak potensi usaha yang bisa digali untuk dikerjasamakan,” ujar Yuddy dalam rilis Humas Bank BJB, Kamis (8/8/2019).

Dan ini, lanjut Yuddy, memberi keuntungan bagi BJB dan Taspen. “Berbagai langkah bisnis yang dilakukan Bank BJB selalu didasari semangat dan visi bersinergi untuk membangun negeri,” lanjut Yuddy.

Beberapa kesempatan yang akan dijajaki, rinci dia, layanan pendebetan rekening peserta untuk pembayaran premi asuransi peserta PT Asuransi Jiwa Taspen (Taspen Life) melalui Bank BJB. Skema kerja sama ini diharapkan bisa mengoptimalkan potensi pendapatan berbasis komisi (fee based income) bank bjb sebab potensi peserta pensiunan yang sebagian besar berasal dari Jawa Barat bisa langsung ditindaklanjuti oleh masing-masing cabang Bank BJB.

Selain itu, kata dia, anak perusahaan BJB, yakni Bank BJB Syariah ikut dilibatkan dalam kerja sama ini. Di mana Bank BJB Syariah siap ditunjuk sebagai salah satu bank mitra pembayaran untuk para peserta pensiunan PT Taspen. Di sisi lain, Taspen menawarkan untuk memberikan Kredit Investasi Kolektif Efek Beragun Aset (KIK EBA). Kredit tersebut bisa digunakan apabila BJB membutuhkan cash flow terkait likuiditas untuk pemberian Kredit Konsumer Bank BJB.

Di luar kerja sama produk dan layanan, kata dia, Bank BJB juga mendapat mandat kepercayaan dari Taspen. Di mana Bank BJB diminta untuk mengadakan pelatihan kewirausahaan kepada karyawan PT Taspen yang akan memasuki masa pensiun. Pelatihan tersebut merupakan kepedulian Bank BJB terhadap masa depan pensiunan di mana perseroan sebelumnya telah mengadakan pelatihan PSAK 71 yang diselenggarakan untuk karyawan Taspen, 14-16 Juli 2019.

Diharapkan penjajakan kerja sama antara Bank BJB dan Taspen ini bisa mempererat sinergi dan mengoptimalkan peluang perolehan dana pihak ketiga (DPK) dan fee based income (FBI) bagi Bank BJB maupun benefit komersial yang juga bisa diperoleh Taspen.

Sumber :indopos.co.id

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU