Senin, 29 April 2024

Stadium Indoor GBK Rampung, RI Siap Helat FIBA World Cup 2023

ads-custom-5

Jakarta, BUMN Info l Atap Indoor Multifunction Stadium (IMS) Gelora Bung Karno selesai dipasang. Dengan terpasangnya fasilitas tersebut, IMS GBK sudah bisa digunakan untuk helatan Federation Internationale de Basketball (FIBA) 2023. 

PT Adhi Karya (Persero) Tbk sebagai kontraktor melalui kerja sama operasi bersama PT Nindya Karya (Persero) dan PT Penta Rekayasa menjelaskan, proyek ini mulai dikerjakan pada akhir tahun 2021 dan direncanakan selesai pada Juni 2023 sebelum FIBA World Cup yang akan dilaksanakan pada Agustus 2023. 

“Pada pembangunan ini ADHI bertugas sebagai kontraktor pelaksana utama dari proses pembangunan konstruksi proyek yang akan digunakan sebagai lokasi kegiatan perhelatan internasional, Piala Dunia Basket – FIBA World Cup 2023,” tulis perseroan dikutip dari Keterbukaan Informasi Bursa Efek Indonesia, Selasa (17/01/2023).

Usai selesai di garap pada hari ini Presiden Joko Widodo bersama Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno Dan, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali serta  Menteri Luar Negeri Retno Marsudi meresmikan stadion yaitu dengan melakukan penutupan atap IMS Gelora Bung Karno.

Menteri BUMN Erick Thohir menerangkan bahwa keunggulan dari pembangunan stadion ini adalah penggunaan teknologi konstruksi Building Information Modelling seperti AI Analysis. Menurutnya teknologi ini diterapkan untuk percepatan dan ketepatan pembangunan. 

“Penggunaan AI Analysis dilakukan agar tepat tujuan dan tepat desain,” ujar Erick. Stadion ini juga menerapkan green technology pada sistem perawatan dan operasional stadion,” jelasnya.  

Sementara itu Presiden Jokowi menerangkan bahwa berbagai keunggulan ini merupakan bentuk perwujudan dari peningkatan fasilitas di Indonesia agar setara dengan Negara lain di Dunia.

“Kita lengkapi Jakarta agar memiliki fasilitas-fasilitas yang setara dengan kota lain di dunia,” ungkap Jokowi.

Untuk informasi, Stadion ini merupakan stadion dengan konsep multifungsi pertama di Indonesia dan berkelas karya anak bangsa yang memiliki luas bangunan hingga 50.000 meter persegi di atas lahan seluas 30.000 meter persegi.

Fasilitas yang ada, antara lain tersedia 1 lapangan utama dan 2 lapangan latihan, di dalam bangunan dengan 5 lantai dan 1 lantai atap. 

Hal ini bertujuan agar penggunanya tidak hanya untuk mendukung kegiatan olahraga basket saja, tetapi juga cabang olahraga lain, serta kegiatan selain olahraga, seperti konser musik, seminar dan lainnya. Kapasitas penonton pun disiapkan hingga 16.500 orang. 

 

Sumber: idxchannel

 

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU