Selasa, 16 April 2024

PLN dan Mandiri Kolaborasi dalam Pengembangan Program Electifying Agriculture

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | Mayoritas masyarakat Indonesia berpegang pada sektor agrikultur. Sektor ini menjadi tulang punggung perekonomian masyarakat Indonesia. Mengingat hal tersebut, dua perusahaan besar BUMN yaitu PT PLN (Persero) dan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk membuat  gebrakan baru untuk bersinergi memberikan layanan demi memudahkan para pegiat agrikultur mengembangkan usahanya.

Program ini diinisiasi dengan penandatanganan perjanjian bertajuk Kerjasama Penyediaan Layanan Perbankan untuk Mendukung Electrifying Agriculture. Penandatanganan tersebut dilakukan secara daring oleh Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Saril dan Direktur Jaringan dan Retail Banking Bank Mandiri Aquarius Rudianto, Selasa (29/12/2020).

Perjanjian tersebut membuahkan kerja sama dalam hal penyediaan kredit bagi pelaku usaha dalam bidang agrikultur untuk mendapatkan layanan kelistrikan andal dari PLN. Lebih lanjut, kini KUR program Electifying Agriculture yang merupakan Kredit Usaha Rakyat yang ditujukan untuk pelanggan atau calon pelanggan PLN dalam rangka mendukung program layanan penyambungan tenaga listrik untuk sektor pertanian, perkebunan, perikanan dan peternakan, serta tidak terbatas pada jenis usaha pengelolaan irigasi, penggilingan padi, budidaya buah naga, budidaya hewan ternak dan perikanan. Program yang berlangsung hingga 29 Desember 2022 ini memiliki 3 fitur yakni super mikro, mikro dan kecil.

Nova Sagita, Senior Manager Niaga dan Pelayanan Pelanggan PLN UIW Sumbar, menilai bahwa sinergi ini adalah salah satu langkah electrifying lifestyle yang dipandang sangat signifikan efeknya, karena selain untuk untuk memperluas dukungan PLN dalam peningkatan produktivitas, mendorong efisiensi para pelaku di sektor agrikultur namun juga menjadikan mendukung pemanfaatan energi listrik yang lebih ramah lingkungan di perekonomian masyarakat

“Lewat sinergi BUMN ini, PLN berharap kesejahteraan petani dan pemberdayaan SDM pertanian dapat meningkat. serta kolaborasi ini diharapkan dapat memperkuat pertumbuhan ekonomi nasional yang saat ini tengah terdampak pandemi Covid-19”, ungkap Nova. 

Selama ini, banyak potensi pelaku usaha namun terkendala oleh kebutuhan pembiayaan yang cukup besar, seperti pengusaha kelompok tani yang ingin membeli mesin produksi pengolahan kakao namun terhambat pembiayaan yang masih terbilang besar. Program electrifying agriculture merupakan bagian dari semangat transformasi PLN, khususnya pada pilar customer focused dan innovative. Dengan hadirnya kegiatan ini diharapkan dapat membuat layanan listrik menjadi lebih mudah, terjangkau dan andal untuk menopang sektor pertanian masyarakat Indonesia.

 

Sumber: jawapos

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU