Jumat, 29 Maret 2024

Tes Pramusim Usai, ITDC Bergegas Benahi Track Pertamina Mandalika International Street Circuit

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | Setelah 25 tahun lamanya, Kejuaraan Dunia FIM MotoGP akhirnya kembali lagi ke Indonesia. Hal ini ditandai dengan Tes Pramusim Resmi MotoGP yang berlangsung di Pertamina Mandalika International Street Circuit selama 3 hari, mulai Jumat (11/2) hingga Minggu (13/2). 

Dengan berlangsungnya tes ini, penyelenggara dan pengatur balapan mendapat peluang untuk memastikan bahwa tempat penyelenggaraan balapan sudah sesuai dengan standar MotoGP. Bukan hanya itu, penilaian pun dilakukan untuk perbaikan dan peningkatan yang dibutuhkan sebelum debut Pertamina Mandalika Circuit di kalender Kejuaraan Dunia FIM MotoGP.

Hasil Tes Pramusim

Dari hasil penilaian tersebut, diketahui bahwa beberapa pembalap dan tim menyukai tata letak lintasan dan safety-nya, termasuk area runoff yang luas, baik aspal maupun gravel. Hanya saja, saat tes kedua, ada dua masalah yang berhasil teridentifikasikan, yaitu kebersihan permukaan lintasan dan kelebihan agregat berupa batu, kerikil, maupun pasir yang mempengaruhi beberapa bagian dari sirkuit dan berpotensi mengganggu performa pembalap. 

FIM selaku pengawasan homologasi track terus berkomunikasi dengan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) agar pembenahan dapat segera dilakukan minimal hari sebelum Pertamina Grand Prix of Indonesia dimulai. Hasil penilaian dan permintaan pembenahan dari FIM disetujui oleh ITDC sekaligus menunjukkan bentuk dukungan dan komitmen tinggi terhadap pagelaran olahraga ini. 

Bagian sirkuit yang akan dilakukan pelapisan ulang di antaranya adalah bagian sebelum tikungan 17 sampai setelah tikungan 5. Teknologi kelas dunia pun dipastikan akan hadir dalam pagelaran Grand Prix ini untuk memastikan seluruh permukaan lintasan sesuai dengan standar MotoGP. FIM dan Dorna pun turut menyakinkan para penggemar MotoGP di Indonesia bahwa Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 akan berlangsung pada tanggal yang direncanakan.

 

Sumber dan Dok: itdc.co.id

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU