Minggu, 23 Juni 2024

Resmi, Pemerintah Menarik 75.51% Saham Semen Batubara ke SIG

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | Sebagai bentuk kelanjutan dari program integrasi BUMN, pemerintah akhirnya resmi melakukan inbreng saham Semen Baturaja ke dalam saham Semen Indonesia atau SIG. Hal ini merupakan langkah besar untuk memperkuat posisi BUMN sub klaster semen dalam menghadapi tantangan pasar yang kompetitif.

Pemerintah melakukan inbreng melalui pengalihan saham Negara Republik Indonesia sejumlah 7.499.999.999 saham Seri B atau mewakili 75,51% dari seluruh modal ditempatkan dan disetor penuh Semen Baturaja ke dalam saham SIG. Nilai seluruhnya mencapai Rp 2,84 triliun.

Penandatangan akta inbreng dilakukan oleh Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo dan Direktur Utama SIG Donny Arsal, pada Senin (19/12). Integrasi Semen Baturaja ke SIG merupakan langkah besar untuk memperkuat posisi BUMN sub klaster semen dalam menghadapi tantangan pasar yang kompetitif.

Transaksi inbreng tersebut tidak mengubah porsi kepemilikan Negara Ri atau saham pengendali di SIG. Selain itu, Negara RI juga dapat memiliki satu saham Seri A Dwiwarna di Semen Batubara.

Keputusan ini diharapkan dapat membantu pemerintah untuk mendorong BUMN klaster semen sebagai penggerak industri semen yang berkelanjutan melalui optimalisasi distribusi, pemasaran, dan efisiensi produksi yang terkoordinasi secara regional maupun nasional.

 

Sumber: Detik dan Antara News 

Dok: Detik

 

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU