Rabu, 21 Februari 2024

Mobil Sehat Pupuk Kaltim Berikan Layanan Kesehatan Gratis

ads-custom-5

Bontang, BUMNinfo | Layanan kesehatan warga di lingkungan PT Pupuk Kaltim semakin lebih mudah. Melalui program tanggung jawab sosial masyarakat, Pupuk Kaltim menggandeng Dinas Kesehatan Bontang untuk penyediaanMobil Sehat Pupuk Kaltim.

Melalui program ini petugas kesehatan memberikan penyediaan layanan media cuma-cuma gratis kepada masyarakat di tiap RT.

Masyarakat di dua kelurahan, Guntung dan Kelurahan Loktuan bisa menikmati layanan kesehatan setiap pekan. Mereka yang berdomisili di dua kelurahan ini cukup membawa kartu penduduk atau BPJS Kesehatan mereka.

Penanggung Jawab Mobil Sehat Pupuk Kaltim, Sumarni menjelaskan, layanan mobil sehat menyediakan pemeriksaan kesehatan untuk 52 RT di Lok Tuan dan 18 RT di Guntung.

Sasaran pemeriksaan kesehatan ini diperuntukkan setiap golongan, mulai dari usia bayi, balita, remaja hingga lansia.

Adapun pelayanan yang diberikan diantaranya, pemantauan tumbuh kembang, vaksinasi usia 0-1 tahun, deteksi dini penyakit tidak menular (mencakup tekanan darah, kimia darah, informasi darah, dan sebagainya).

Kemudian pemberian obat gizi, serta penyaluran obat abate untuk Demam Bedarah Dengue (DBD).

“Warga hanya diminta membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau kartu BPJS. Sesuai jadwal berkelilingnya,Mobil Sehat Pupuk Kaltim akan melayani mulai pukul 09.00 hingga 11.00 Wita,” ujar Sumarni disela-sela pembukaan pelayanan perdana di Halaman SMP Yayasan Pendidikan Islam Nurul Iman, Kelurahan Lok Tuan, Sabtu (13/7).

Pada kesempatan ini ada 4 RT yang menikmati layanan ini diantaranya RT 12,13,14 dan RT 15 Loktuan.

Masih Sumarni menjelaskan, layanan kesehatan ini dilakukan oleh tenaga medis ahli. Di dalam Mobil sehat Pupuk Kaltim tersedia, dokter umum, perawat petugas laboratorium serta dokter gigi dari mahasiswa KKN Universitas Gadjah Mada (UGM).

Apabila, ditemukan kondisi gangguan kesehatan khusus, petugas akan segera memberi rujukan ke Puskesmas atau RSUD.

Hadirnya pelayanan kesehatan ini tak terlepas dari peran Pupuk Kaltim yang telah menggelontorkan bantuan dana Corporate Social Responsbility (CSR) melalui Mobil Sehat.

“Kami berharap Pupuk Kaltim bisa terus bekerjasama dengan kami. Sekedar informasi, saat ini kami juga sedang membantu adik-adik mahasiswa dari Universitas Gadjah Mada (UGM) yang praktik di Pupuk Kaltim untuk belajar dalam penanganan kesehatan di masyarakat,” ucap Sumarni.

Sementara itu, Sumiati (57) warga RT 14, Kelurahan Lhok Tuan yang menggunakan layanan pemeriksaan kesehatan inipun mengutarakan kegembiraannya.

“Layanan ini bagus sekali ini, seperti yang diidamkan masyarakat yaitu pelayanan kesehatan bisa datang ke kampung-kampung. Semoga ada terus tiap bulan,” kesannya. (m09)

Sumber: kaltim.tribunnews.com

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU