Senin, 29 April 2024

Brantas Abipraya Lakukan Preservasi Jalintim untuk Sambut Persiapan Nataru

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo |  PT Brantas Abipraya (Persero) mengerjakan proyek Preservasi Jalan Lintas Timur (Jalintim) Sumatera di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) melalui skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) sebagai inovasi peningkatan kualitas layanan jalan di Indonesia. Proyek ini digenjot Brantas Abipraya dalam rangka percepatan pekerjaan dan memastikan pekerjaan berjalan sesuai dengan perencanaan. 

“Pekerjaan Jalintim ini adalah proyek KPBU pertama di Kementerian PUPR dan proyek KPBU pertama di Jalan Non Tol berbasis kinerja. Kami akan pastikan pekerjaan di lapangan memenuhi kualitas unggul dan baik, saat ini untuk Jalan Lintas Timur kemantapannya sudah 95%. Percepatan akan penyelesaian proyek ini untuk memenuhi target pekerjaan tuntas faster, better, cheaper dan safer.” ujar Muhammad Toha Fauzi, Direktur Operasi I Brantas Abipraya.

Sebagai tambahan informasi, Toha menyampaikan bahwa ada empat ruas jalan di Provinsi Sumsel yang dikerjakan oleh BUMN yang dikenal sebagai champion in water resource infrastructure ini. Pertama, ruas Jalan Soekarno – Hatta dengan panjang 3,17 km; lalu pengerjaan ruas Jalan Letjen H. Alamsyah Ratu Prawiranegara sepanjang 3,15 km; ruas Jalan Mayjen Yusuf Singadekane dengan panjang 1,36 km; dan pengejaan ruas Jalan Srijaya Raya yang memiliki panjang 2,90 km.

Dengan total investasi sebesar Rp 982,4 Miliar, total panjang jalan 29,87 km dengan masa konsesi selama 15 tahun, yaitu 3 tahun masa konstruksi dan 12 tahun masa layanan, Brantas Abipraya memiliki porsi investasi sebesar 40 persen.

Kesiapan dan pemeliharaan jalan ini utamanya dilakukan untuk menjaga kemantapan kondisi jalan, memperlancar pergerakan masyarakat dan distribusi logistik guna mendorong pertumbuhan ekonomi antar wilayah di Pulau Sumatera. Kesiapan jalan lintas Sumatera ini juga dilakukan untuk menjaga keamanan, kenyamanan dan keselamatan pengguna jalan, sekaligus menjaga kondisi lalu lintas tetap kondusif selama Nataru Tahun 2022.

 

Sumber dan dok: bumn.go.id

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU