Kamis, 25 April 2024

Sucofindo Ingatkan Pentingnya Kalibrasi Peralatan Operasi Secara Berkala

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | PT Sucofindo (Persero) melaksanakan kegiatan web seminar (webinar) guna mendukung peningkatan daya saing industri melalui kalibrasi peralatan operasi secara berkala. Kegiatan webinar ini merupakan kewajiban Sucofindo untuk memberikan pengetahuan terkait kalibrasi peralatan operasi, guna mendukung sektor industri dalam pemenuhan standar nasional maupun internasional dengan acuan ISO/IEC 17025.

 

Direktur Komersial 2 PT Sucofindo (Persero) M. Haris Witjaksono menyampaikan bahwa webinar ini merupakan salah satu upaya Sucofindo menyiapkan pelaku industri dalam menghadapi revolusi industri 4.0.

 

“Sebagai upaya Sucofindo dalam mempersiapkan para pelaku industri memasuki revolusi industri 4.0 guna meningkatkan daya saing,” ujar Haris pada saat membuka webinar.

 

Webinar yang diikuti lebih dari 450 peserta dari pelaku usaha, membahas mengenai pentingnya implementasi kalibrasi peralatan produksi yang dimiliki oleh semua industri agar diperoleh nilai tambah bagi peningkatan daya saing industri.

 

Haris menjelaskan, salah satu tujuan dari kalibrasi itu sendiri adalah untuk menjamin hasil-hasil pengukuran sesuai dengan standar nasional maupun internasional. Jasa laboratorium kalibrasi merupakan salah satu bagian dari jasa laboratorium Sucofindo dan tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

 

“Laboratorium sentral kami yang berlokasi di Cibitung dan juga terdapat unit-unit laboratorium kalibrasi kami tersebar di beberapa wilayah, antara lain Medan, Batam, Palembang, Surabaya, Balikpapan dan Makassar mampu memberikan pelayanan kalibrasi alat ukur untuk berbagai jenis peralatan industri,” tuturnya.

 

Lebih lanjut Haris menyampaikan, Laboratorium Sucofindo dapat mengkalibrasi tujuh besaran secara lengkap, yaitu dimensi, tekanan, massa, gaya, suhu, kelistrikan dan volume. Laboratorium juga didukung oleh fasilitas kalibrasi dengan teknologi terkini. Misalnya dapat melakukan pengujian kalibrasi Instrumentasi Kimia dan Alat Kesehatan.yang sudah terakreditasi ISO SNI: 17025 oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN).

 

Pembahasan pada webinar ini dijelaskan oleh adalah Direktur Sistem dan Harmonisasi Industri Badan Standardisasi Nasional (BSN), Donny Purnomo. Pada kesempatan ini Donny memaparkan mengenai Kalibrasi dan ketertelusuran yang merupakan elemen penting dalam persyaratan kompetensi laboratorium uji dan kalibrasi. Pada kesempatan yang sama Donny memaparkan bahwa laboratorium harus menetapkan program kalibrasi, termasuk interval, yang harus dikaji ulang dan disesuaikan kembali untuk menjamin kepercayaan terhadap status kalibrasi.

 

Selaras dengan yang diungkapkan oleh Donny, Gassing selaku Kepala Bagian Kalibrasi & Teknik Sucofindo menerangkan bahwa semua jenis instrumen atau alat ukur yang masih baru, sudah dipakai atau baru diperbaiki harus dikalibrasi. Hal tersebut untuk memastikan kondisi instrumen atau alat ukur tersebut memang dalam kondisi baik sebelum digunakan.

 

“Sucofindo siap mendukung dan meningkatan daya saing pelaku industri dalam menghadapi tantangan dunia usaha ke depannya,” tutup Haris.

 

Dalam upaya mendukung pelaku usaha dan industri dalam menghadapi masa pandemi Covid-19 ini, Sucofindo melayani beberapa jasa untuk melindungi pelaku usaha dan industri dari wabah Covid-19, seperti jasa monitoring kualitas udara dan lingkungan, jasa hygiene industri dan monitoring disinfektan.

 

Selain itu Sucofindo melakukan inovasi dengan jasa baru dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi terutama menyikapi era Revolusi Industri 4.0 yaitu jasa Sparing. Jasa Sparing merupakan solusi sistem pemantauan kualitas air limbah secara terus menerus. Pemantauan dilakukan dalam jaringan infrastruktur dan sistem informasi yang dikembangkan Sucofindo. Sistem ini memiliki kemampuan untuk melakukan pemantauan kualitas air limbah dengan sistem yang terintegrasi dan sesuai dengan persyaratan teknis dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK) dan telah dinyatakan lulus uji konektifitas.

 

Sumber: Kontan.co.idIndustry.com

Foto: dok. Sucofindo

Infografis: BUMNINFO/Naufal Anjanu

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU