Sabtu, 22 Juni 2024

PT Jasa Raharja Luncurkan Program Pemberdayaan Disabilitas Melalui Pembelajaran Coding Skills dan Barista

ads-custom-5

PT Jasa Raharja Member of Indonesia Financial Group (IFG) bekerjasama dengan Yayasan Indonesia Lebih Baik (YILB), memberikan kesempatan para penyandang disabilitas yang menjadi korban kecelakaan penumpang umum dan lalu lintas jalan penerima manfaat santunan dan disabilitas umum di Indonesia melalui Jasa Raharja Resilience Program.

Jasa Raharja Resilience Program merupakan program pelatihan bersertifikat, yang bertujuan memberikan kemampuan di bidang digital dan barista khusus untuk para penyandang disabilitas. Pelatihan akan berlangsung selama 3 bulan dengan metode kelas daring (online), diskusi kelompok (group discussion) dan belajar mandiri (self paced) hingga kelas praktik (offline class) yang tentunya dengan tetap menerapkan protocol kesehatan.

Program ini secara spesifik dikhususkan bagi dua golongan, yakni Disabilitas penerima manfaat Jasa Raharja karena kecelakaan lalu lintas (Laka Lantas) dan Disabilitas umum berusia 18 hingga 35 tahun di Indonesia. Program ini diikuti oleh 40 orang terpilih dari 593 orang yang sudah mengikuti asesmen digital dan tes logika pada masa pendaftaran. Kelas basic coding diikuti oleh 30 orang yang terdiri dari Disabilitas Daksa 21 orang, Disabilitas Netra 5 orang, Disabilitas Rungu 3 orang dan Disabilitas Emosi (spektrum Autisme) 1 orang, dari berbagai penjuru Indonesia. Sedangkan kelas Barista diikuti oleh 5 orang Disabilitas Tuli dan 5 orang Disabilitas Netra dari Jabodetabek.

Direktur Keuangan PT Jasa Raharja Member of Indonesia Financial Group (IFG) Myland menyampaikan “kegiatan ini adalah sebagai kelanjutan program perwujudan komitmen kami terhadap kondisi sosial masyarakat, yang dimanifestasikan dalam bentuk program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PT Jasa Raharja”.

“Dengan Program Pelatihan coding dan barista ini, diharapkan dapat menjadi salah satu solusi bagi para korban kecelakaan lalu lintas dan juga para penyandang disabilitas untuk mengatasi hambatan dalam beraktifitas, berkarya dan berdaya di tengah situasi pandemi “ tambah Myland.

Jasa Raharja Resillience Program ini secara resmi dibuka pada hari ini Senin (31/5/2021) oleh Triyugara Kepala Divisi Keuangan dan dihadiri Ibu Mieke Malaon Ketua Pengurus Yayasan Indonesia Lebih Baik.

Dari perwakilan peserta yaitu Yacob dari perwakilan Disabilitas penerima manfaat Laka Lantas dan Molly perwakilan Disabilitas umum menyampaikan hal-hal terkait dengan pelaksanaan program ini.

Yacob berharap bahwa “Program dapat berjalan dengan lancar dan menjadi awal dari lebih banyak program pemberdayaan Disabilitas ke depannya”.

Sementara itu, Molly menyampaikan “terima kasih atas kesempatan yang diberikan oleh PT Jasa Raharja dan berharap dapat memulai karir dalam bidang digital setelah mengikuti Program ini”.

PT Jasa Raharja sebagai Badan Usaha Milik Negara penyelenggara Program Perlindungan Dasar Kecelakan Penumpang Umum dan Lalu Lintas Jalan senantiasa berkomitmen untuk berperan aktif melalui program kerja dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat.

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU