Sabtu, 27 April 2024

Wamendag Kolaborasi dengan Bank BRI Realisasikan Gerakkan Sistem Resi Gudang (SRG)

ads-custom-5

Jakarta, BUMNINfO | Kementerian Perdagangan (Kemendag) telah membangun hampir 200 Sistem Resi Gudang (SRG) yang diharapkan mampu menjadi penyangga ketersediaan kebutuhan masyarakat dan kebutuhan penting maupun strategis lainnya. Akan tetapi, beberapa dari SRG masih belum berfungsi karena masalah pembiayaan. Maka dari itu, Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga terus menghubungi sektor perbankan agar dapat berkolaborasi mengembangkan SRG, salah satunya yaitu PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) (Persero) Tbk.

“Tentu tidak membatasi hanya BRI saja, semua bank yang berminat tentu akan diterima. Tetapi BRI memang sudah lama terjun dalam pembiayaan ekonomi rakyat dan UMKM. SRG ini banyak bersentuhan dengan bidang bisnis BRI, jadi akan sangat baik kalau kita berkolaborasi,” kata Jerry dalam keterangannya, Sabtu (27/2/2021). 

Menurut Jerry, bidang bisnis BRI sangat berkaitan erat dengan SRG, khususnya di sektor pertanian, peternakan dan kegiatan ekonomi rakyat lainnya. SRG banyak bersentuhan dengan ekonomi kerakyatan. Dalam fungsinya sebagai penyokong ketersediaan bahan pokok dan keterjangkauan harga, SRG menggarap beberapa komoditas penting seperti bawang merah, cabai, beras, daging ayam, dan lain-lain.

SRG berfungsi menggantikan peran tengkulak. Dari produsen misalnya petani atau peternak, bahan pokok dibeli oleh pengelola SRG dengan harga yang baik. SRG mengelola sistem logistik bahan pokok itu agar harganya tidak jatuh saat panen raya dan naik tinggi saat sedang musim tanam. Hal tersebut dapat membantu produsen agar mereka mendapatkan harga yang wajar, tidak fluktuatif dan tidak dipermainkan oleh tengkulak. 

Mengenai kolaborasi bersama BRI, pihak bank berfungsi dalam menjamin pembiayaan. Mereka bekerjasama dengan pengelola gudang agar produsen bisa mendapatkan manfaat berupa pembayaran yang diperlukan untuk kebutuhan sehari-hari maupun untuk produksi selanjutnya. Jaringan BRI di berbagai daerah sangat kuat, sehingga mampu menjangkau seluruh masyarakat Indonesia. Selain itu, BRI sebagai BUMN juga mempunyai misi yang sama dengan SRG, yaitu untuk membangun perekonomian nasional dan ekonomi rakyat. 

 

Sumber: nasional.kontanwartaekonomi

Foto: Wamendag/Instagram/Jerry.sambuaga

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU