Senin, 29 April 2024

Jasa Marga Segera Operasikan Tiga Jalan Tol Baru Tahun Ini

ads-custom-5

Jakarta, BUMN Info | PT Jasa Marga (Persero) Tbk. bersiap mengoperasikan tiga ruas jalan tol miliknya pada tahun 2019 ini. Ketiga jalan tol baru tersebut adalah Pandaan-Malang seksi 5, Kunciran-Serpong, dan Jakarta-Cikampek Elevated.

“Dalam waktu dekat yang akan selesai adalah tol Pandaan—Malang akan kami selesaikan, kemarin kan baru 3 seksi nanti seksi 5. Kemudian, ada tol Kunciran—Serpong akan kita selesaikan dan Japek [Jakarta—Cikampek] Elevated,” kata Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani seperti dilansir Bisnis.com hari ini, Senin 26 Agustus 2019.

Menurut Desi, progress fisik jalan tol Kunciran—Serpong sepanjang 11,14 kilometer sudah mencapai 96 persen. Jalan tol Kunciran—Serpong ini merupakan bagian dari jaringan Jakarta Outer Ring Road 2 (JORR 2) yang akan menghubungkan Bandara Soekarno-Hatta hingga Cibitung.

Jaringan jalan tol ini berfungsi memecah lalu lintas yang saat ini menumpuk di dalam Kota Jakarta, maupun di JORR. Ruas yang menjadi bagian dari jalan tol Kunciran—Cengkareng ini terkoneksi dengan ruas Cinere—Serpong dan Serpong—Kunciran yang dimiliki oleh Jasa Marga melalui anak usahanya yakni PT Cinere Serpong Jaya dan PT Marga Trans Nusantara.

Konstruksi jalan tol Pandaan—Malang Seksi 5 sepanjang 3,10 kiloemter sempat tertunda karena ditemukannya situs budaya sehingga Jasa Marga memutuskan untuk menggeser trase sejauh 17 meter dari trase awal. 

Terakhir, untuk jalan tol layang Jakarta-Cikampek II atau Jakarta – Cikampek Elevated, Desi menargetkan bisa rampung pada September 2019 dan dioperasikan paling lama akhir tahun ini. “Japek harusnya kami harapkan akhir September selesai fisik ya. Setelah fisik ada yang namanya uji-uji beban karena itu elevated baru Surat Keputusan Operasi lalu SK [surat keputusan] tarif,” kata dia.

 

Sumber: bisnis.tempo.co

 

 

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU