Senin, 29 April 2024

Peruri dan Pos Indonesia Bekerjasama Cetak Prangko dan Benda Filateli

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | Perum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) dan PT Pos Indonesia (Persero) melakukan kerja sama pencetakan prangko dan benda filateli lainnya. Adapun nilai kerja sama ini mencapai Rp 15 miliar.

Kedua Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama di Ruang Pancasatya, Kantor Peruri, Jakarta. Direktur Pengembangan Usaha Peruri, Fajar Rizki menjelaskan, nilai kerja sama tersebut mencapai Rp 15 miliar untuk 13 seri prangko.

“Setiap tahunnya, Peruri selalu berupaya untuk meningkatkan mutu dan pengamanan prangko dan benda filateli yang meliputi bentuk, bahan baku, desain, pencetakan,” ujarnya, Jakarta, Kamis (27/2/2020).

Ia menambahkan, seri prangko pada 2020 ini bertema musik dan bergambar musisi-musisi terkenal. Pengembangan prangko pun tengah dicoba dengan teknologi digital, berupa augmented reality (AR), yang disesuaikan dengan zaman.

Direktur Jaringan dan Layanan Keuangan PT Pos Indonesia, Ihwan Sutardiyanta mengungkapkan, pencetakan prangko dan benda filateli yang selama ini dilakukan oleh Peruri melalui pesanan dari Pos Indonesia termaktub dalam Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika RI (Permen Kominfo RI) No. 21/ 2012 tentang Prangko. Permen tersebut menjelaskan bahwa pencetakan prangko dilaksanakan oleh percetakan sekuriti.

Peruri merupakan salah satu BUMN yang didirikan berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) No.6/2019, yang memiliki tugas untuk mencetak dokumen negara yang membutuhkan fitur sekuriti untuk memenuhi kebutuhan sesuai permintaan instansi yang berwenang.

Pos Indonesia pun berencana meningkatkan target market utama yang saat ini hanya filatelis dan menyasar target baru. Dengan perjanjian kerja sama ini, Peruri akan melanjutkan tugasnya untuk mencetak prangko dan benda Filateli.

Sumber : www.suara.com

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU