Senin, 29 April 2024

PTPN III Akan Pasok 1 Juta Ton Kelapa Sawit untuk PLN

ads-custom-5

Jakarta, BUMNINfO | PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) (Persero) sedang masif melakukan co-firing biomassa di PLTUnya. PT Perkebunan Nusantara III (PTPN III) (Persero) mengaku siap untuk menyuplai kebutuhan biomassa untuk PLN sebesar satu juta ton tandan kosong kelapa sawit. 

Sekertaris Perusahaan Holding PTPN III, Imelda Alini Pohan menjelaskan saat ini proses biomassa untuk co-firing PLTU masih dalam tahap kajian baik di PLN maupun di PTPN. Akan tetapi, ia mengatakan bahwa PTPN III siap untuk memasok kebutuhan co-firing PLTU milik PLN ini.

“Progress biomassa saat ini sedang dilakukan kajian oleh konsultan, serta paralel ujicoba di PLTU PLN.  Output dari kedua kegiatan tersebut akan menjadi langkah ke depan membuat Head of Agreement,” ujar Imelda kepada tim Republika.co.id, Senin (1/3/2021).

PTPN III (Persero) lebih mengutamakan pemanfaatan produk sawit, yaitu tandan kosong yang relatif lebih siap untuk digunakan sebagai bahan baku co-firing PLTU PLN. Tandan kosong diproduksi setiap hari. Supply biomassa tandan kosong dari PTPN ke PLN ditargetkan sebesar 0,5 -1 juta ton tandan kosong kelapa sawit.

Mengenai rencana jangka panjang, PTPN III juga siap untuk memasok kebutuhan kelapa sawit bagi PLN. Saat ini PTPN III  memiliki area nonproduktif sekitar 12.200Ha. Area tersebut dapat digunakan untuk Program Energi Baru Terbarukan melalui penanaman pohon kayu yang sesuai dengan kebutuhan co-firing PLN.

 

Sumber: republika.co.id

Foto: Dok. PTPN III

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU