Rabu, 21 Februari 2024

Optimalkan Layanan, Jasa Raharja Gelar Evaluasi Bersama BPJS Kesehatan dan Korlantas Polri

ads-custom-5

Yogyakarta, BUMNInfo | PT Jasa Raharja (Persero) melaksanakan kegiatan monitoring dan evaluasi implementasi kerja sama dengan Korlantas Polri dan BPJS Kesehatan. Ketiganya merupakan stakeholder yang memiliki tugas dan fungsi perlindungan kepada masyarakat dari berbagai risiko kecelakaan di jalan raya. Kegiatan yang dilaksanakan di ballroom Rich Hotel Yogyakarta pada Senin (7/12/2020) ini merupakan wujud keseriusan dari para stakeholder untuk meningkatkan mutu layanan kepada masyarakat dari tahap edukasi hingga pelayanan. Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini adalah Suryo Setyantoro Putro dari Jasa Raharja Medianti Ellya dari BPJS Kesehatan dan Kompol Edy Bagus Sumantri Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda DIY. 

 

Berdasarkan catatan Perseroan, pada periode 2019-2020 jumlah kecelakaan lalu lintas naik tapi angka korban meninggal dunia mengalami penurunan. Jenis kendaraan yang mendominasi jumlah kecelakaan terbanyak adalah roda dua dan kendaraan muatan barang, hal ini sejalan dengan angka jumlah kendaraan roda dua di DIY yang mencapai 4 juta unit. Untuk itu Korlantas Polri akan fokus pada tindakan preventif dan penindakan terutama pada kendaraan yang menyumbang jumlah korban meninggal dunia terbanyak. 

 

“Jasa Raharja, Polri dan BPJS Kesehatan telah menandatangani MoU terkait dengan IRSMS (Integrated Road Safety Management System), hal ini penting karena big data yang telah terintegrasi memudahkan monitoring prioritas,” ujar Kasubdit Laka Dit Gakkum Korlantas Polri Kombes Agus Suryo Nugroho. 

 

Kegiatan ini diyakininya merupakan wujud kehadiran negara dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat. Semakin diperkuat dengan Peraturan Menteri Keuangan tentang Koordinasi antar penyelenggara jaminan dalam pemberian manfaat pelayanan kesehatan, yakni antara Jasa Raharja dan BPJS Kesehatan. Lingkupnya meliputi koordinasi pemberian manfaat, pengembangan sistem informasi, dan pengadaan sosialisasi.

 

“Saya berharap pertemuan dapat menjadi solusi dari setiap permasalahan yang kita hadapi bersama saat ini. harapannya juga tidak ada lagi hambatan dalam pemberian pelayanan penjaminan lalu lintas dan tidak menimbulkan delay atau keterlambatan dalam pemberian layanan” kata Deputi Direksi JKPR BPJS Kesehatan Elsa Novelia.

 

Kepala Divisi Pelayanan PT Jasa Raharja Haryo Pamungkas mengatakan bahwa kegiatan ini sangat berguna dalam penuntasan masalah dengan berbagai pemecahan masalah yang efektif dan efisien. Menurutnya, kegiatan yang bertujuan untuk memastikan pelayanan kasus lakalantas di Polri itu berjalan dengan baik dengan memastikan sistem Rumah sakit, BPJS Kesehatan dan Jasa Raharja dapat mengakomodir data kecelakaan guna penyelesaian penjaminan. Kemudian memberikan supervisi pedoman dan arahan pusat dari permasalahan yang membutuhkan solusi.

 

“Performa pada periode Januari-November Jasa Raharja Cabang D.I. Yogyakarta menyerahkan santunan sebesar 6,5 miliar kepada para korban. Kecepatan penyelesaian telah melampaui target, yakni 1 hari 4 jam. Ini merupakan indikator yang membuktikan bahwa hubungan koordinasi antara Jasa Raharja, Polda DIY dan BPJS memiliki kualitas yg baik,” pungkas Haryo.

 

Sumber: Harian JogjaTimes Indonesia

Foto: Istimewa

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU