Senin, 29 April 2024

Tekan Impor, Inalum Penuhi Kebutuhan INKA Pasok Kebutuhan Alumunium Untuk Kereta Cepat

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | PT INKA (Persero) akan meningkatkan penggunaan aluminium dalam komponen kereta. Namun, badan usaha milik negara (BUMN) tersebut masih mengalami kendala pasokan aluminium.

Direktur Utama INKA, Budi Noviantoro, mengatakan‎ perusahaannya menggunakan aluminium sebagai komponen badan kereta. Ke depan, penggunaannya akan meningkat karena mengikuti desain kereta membutuhkan komponen yang ringan.

“Desain kita juga ke depan sudah pakai aluminium desainnya,” kata Budi, di Kantor Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Jakarta.

Budi mengungkapkan, INKA menghadapi kendala dalam penggunaan aluminium, yaitu pasokan aluminium yang masih berasal dari impor. Dia mengaku sudah melakukan negosiasi dengan pabrik aluminium di Morowali Sulawesi Selatan, namun permintaan INKA tidak bisa dilayani karena aluminium hasil produksi pabrik tersebut sudah terserap.

“Saya sudah ke Morowali kuota sudah habis. Saya minta Morowali bisa suplai,” tuturnya.

Budi berharap, induk holding pertambangan BUMN PT Indonesia aluminium (Inalum) segera bisa membuat aluminium untuk komponen badan kereta. Sehingga INKA tidak lagi melakukan impor untuk memenuhi kebutuhan pembuatan kereta.

“Makanya nanti siapa tahu Inalum bisa membuat body keretanya itu. Karena ke depannya nanti sudah dapat aluminium. Karena semua kereta cepat ke depannya pakai aluminium,” tandasnya.

 

Sumber : www.merdeka.com

Foto : DLR

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU