Rabu, 5 Juni 2024

Alasan BRI dan Mandiri Dilarang Buka Bisnis Cabang di Luar Negeri

ads-custom-5

Jakarta, BUMN Info l Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir melarang  dua perbankan milik negara (Himbara), PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) dan PT Bank Mandiri (BMRI) untuk membuka cabang di luar negeri.

“Saya sudah bicara, BRI dan Mandiri enggak usah punya cabang di luar negeri,” kata Erick di Kementerian BUMN, Senin (2/1/2023). Mantan Presiden Inter Milan itu menyebutkan, kalaupun memang dibutuhkan untuk membuka cabang, pilihan negaranya adalah di Singapura. “Kalau perlu hanya 1 (cabang) di Singapura,” lanjut Erick.

Erick mengimbau pembukaan cabang Himbara boleh-boleh saja dilakukan, tapi dengan tujuan membantu diaspora dan pekerja migran.

“Buka cabang di luar negeri juga jangan gaya-gayaan, tapi bantu diaspora di sana, pekerja migran,” lanjut dia. Erick mengatakan, pembukaan cabang di luar negeri seharusnya dapat dimanfaatkan untuk mencari pendanaan (funding) murah. Karena, di beberapa negara, menabung tidak mendapatkan bunga. “Indah enggak, kalau misalnya diaspora kita bisa nabung di BNI, padahal dia tidak bisa dapat bunga di negara (luar). Kan indah kalau diaspora kita di sana bisa nabung di BNI. Artinya kita bisa dapat cost pendanaan murah yang bisa kita kasih ke UMKM,” tegasnya.

Jumlah Bank Mandiri di Luar Negeri

Terdapat setidaknya 6 kantor yang terdiri dari 5 kantor cabang dan sebuah kantor kas luar negeri. Salah satu cabang dari Bank Mandiri bahkan berada di Kepulauan Cayman. Tidak hanya itu, Bank Mandiri juga memiliki setidaknya 10 ATM yang tersebar di Timor Leste. 

Jumlah Bank BRI di Luar Negeri

Beralih ke Bank Rakyat Indonesia atau BRI yang memiliki 6 kantor di luar negeri. Dari keenam kantor tersebut, tiga kantor merupakan kantor cabang, dan tiga kantor lagi merupakan kantor cabang pembantu. Ketiga kantor cabang pembantu tersebut berada di Timor Leste. Untuk kantor cabangnya, BRI memiliki kantor di beberapa negara, seperti Singapura, Amerika Serikat, dan Kepulauan Cayman.

 

Sumber: money.kompasidxchannel

Cover: sindonews

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU