Sabtu, 27 April 2024

Kerjasama dengan Bill Gates, Bio Farma Berencana Proses Vaksin Covid-19

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | PT Bio Farma (Persero) berencana melanjutkan riset dan pengembangan (research and development/R&D) vaksin virus corona atau Covid-19. Pengembangan ini dilakukan dengan menggandeng Koalisi Inovasi Kesiapsiagaan Epidemi (The Coalition for Epidemic Preparedness Innovations/CEPI), lembaga kesehatan yang didirikan oleh Bill Gates, pendiri Microsoft Corporation.

 

Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir mengatakan lembaga ini masih dalam tahap pengembangan vaksin di internalnya. Nantinya, Bio Farma akan melanjutkan pengembangan tersebut di laboratorium miliknya.

 

“Masih proses dengan lembaga dari dalam dan luar negeri. Kita sudah mengajukan opsi untuk proses scale up (tahap pengujian untuk produksi) untuk vaksin yang lagi dikembangkan. Yang lagi jalan komunikasinya dengan CEPI,” kata Honesti.

 

Berdasarkan penuturan Honesti, saat ini proses pengembangan vaksin masih dalam skala lab di CEPI, belum masuk ke tahap percobaan klinis.

 

Proses pembuatan vaksin Covid-19 oleh Bio Farma ini telah bekerjasama dengan berbagai lembaga di dalam dan luar negeri. Proses kerja sama ini bisa dilakukan dengan saling tukar informasi dan melanjutkan penelitian yang sudah ada sebelumnya.

 

“Kalau kita bikin dari nol, penelitian awal bisa 10-15 tahun. Tapi kalau kerja sama dengan berbagai lembaga penelitian mungkin ada shortcut (jalan pintas). Misal ada lembaga riset yang sudah tahap 1, tapi mungkin mereka tak punya kapasitas melanjutkan. Jadi memang harus ada koordinasi. Kalau seandainya sudah ada yang ke tahap 2, bisa dua sampai tiga tahun lebih cepat,” jelas Honesti.

 

Diperkirakan proses produksi pembuatan vaksin Covid-19 ini hingga bisa digunakan oleh masyarakat baru bisa dilakukan dalam waktu dua hingga tiga tahun mendatang. Proses ini saja sudah menggunakan prosedur emergency policy untuk mempercepat proses tersebut.

 

Sumber: CNBC IndonesiaDetik.com

Foto: Nuffield Council on Bioethics

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU