Jumat, 26 April 2024

Indonesia Power Rancang PLTGU Jawa 2, Pembangkit PLN yang Efisien dan Ramah Lingkungan

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | PT Indonesia Power, anak usaha PT PLN (Persero) terus berupaya meningkatkan penggunaan energi yang efisien dan ramah lingkungan. Hal tersebut tercermin dalam menjalankan operasional dan pengelolaan Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) Jawa 2.

PLTGU Jawa 2 berlokasi di area Indonesia Power Priok Power Generation and O&M Services Unit (POMU), Jakarta Utara. Luas area kurang lebih seluas 23,8 Hektare. PLTGU Jawa 2 memproduksi daya sebesar 800 Megawatt (MW) yang berasal dari Gas Turbine 2×300 MW dan Steam Turbine 1×200 MW.

Sebagai pembangkit berbahan bakar gas, PLTGU Jawa 2 merupakan pembangkit dengan tipe load follower ataupun peaker. Dengan tipe tersebut, akan lebih meningkatkan kehandalan listrik, karena dapat membangkitkan listrik dalam waktu yang cepat. Hal tersebut juga disampaikan General Manager Indonesia Power Priok Power Generation and O&M Services Unit (POMU), Suparlan.

“Jika terjadi peningkatan kebutuhan secara tiba-tiba, ataupun ada gangguan pada satu pembangkit di sistem Jawa Bali, pembangkit ini yang akan segera memenuhi kebutuhan listrik pada sistem,” ujar Suparlan.

PLTGU Jawa 2 didesain lebih efisien dan ramah lingkungan. Sistem pembakaran Dry Low Nitrogen Oksida (NOx) Type Combuster di PLTGU, menjadikannya menghasilkan emisi gas buang pembangkit NOx ramah lingkungan. Daya yang dihasilkan oleh PLTGU Jawa 2 disalurkan melalui Gas Insulated Substation Tegangan Ekstra Tinggi (GISTET) 500 kV Priok, selanjutnya dari IBT 500 kV/150 kV akan disalurkan ke sistem jaringan 150 kV ke arah GIS 150 kV Priok Timur Baru dan GIS 150 kV Priok Barat. 

Investasi pembangunan PLTGU Jawa 2 ini mencapai Rp 6,3 triliun dan berhasil menyerap tenaga kerja mencapai 2.141 orang, yang terdiri dari 2.090 orang tenaga kerja lokal. Proyek ini merupakan wujud nyata program pemerintah dalam pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan 35.000 MW. Energi listrik tersebut ditujukan untuk melayani kebutuhan masyarakat dan mendorong tumbuhnya ekonomi.

PLTGU Jawa 2 juga turut berperan serta dalam memperbaiki perekonomian, lingkungan, dan kehidupan sosial di daerah sekitar pembangkitan. Program unggulan berkelanjutan yang dijalankan antara lain Rumah Kreatif dan Inovatif bagi mantan pencandu narkoba, PAUD Inklusif bagi anak-anak berkebutuhan khusus, serta Taman Hatinya dan Kampung Sehat Hijaunesia Power yang merupakan program pemberdayaan ekonomi masyarakat berbasis lingkungan.

 PLTGU

Sumber: bumn.go.idpetrominer.com

Foto: Dok. PLN

Infografis: Naufal Anjani/BUMN INFO

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU