Kamis, 25 April 2024

Bulog Bakal Jual Beras Rp8.000 per Kg, Selisih Harga Beli Ditanggung Pemerintah

ads-custom-5

Jakarta, BUMN Info l Perum Bulog berjanji menjual beras medium seharga Rp 8.000 per kilogram. Beras yang dijual murah di pasaran itu merupakan stok tersimpan di gudang Bulog yang sudah lebih dari empat bulan. 

Direktur Utama Bulog, Budi Waseso alias Buwas menyebut aksi jual murah cadangan beras pemerintah (CBP) itu diatur dalam Peraturan Menteri Pertanian Nomor 38 Tahun 2018. Aksi tersebut sekaligus mencegah adanya penurunan mutu beras. 

Sehingga, beras tersimpan lebih dari 4 bulan di gudang akan dilepas di bawah harga pembelian. Adapun harga pembelian beras oleh Bulog sebesar Rp 8.300. 

“Artinya yang dulu kita pengadaan belinya Rp 8.300 begitu, empat bulan kita stop, itu kita lepas dengan harga Rp 8.000 atau di bawah harga 8.300, nanti selisihnya diganti oleh pemerintah. Apabila ini bisa berjalan tentunya kami punya keyakinan tidak akan lagi terjadi beras yang turun mutu,” ungkap Buwas, dikutip Selasa (17/1/2023).

Untuk menjaga kecukupan stok pangan beras tahun ini, Bulog akan melakukan pengadaan beras dari petani dalam negeri sebanyak 1,46 juta ton. Sementara untuk ketersediaan CBP, BUMN Pangan harus menyerap 1 juta ton. 

“Ini untuk stok CBP sepanjang 2023 ini sebanyak 1 juta ton. Jadi 1 juta ton ini dari hasil keputusan Badan Pangan Nasional itu harus selalu tersedia pak di Bulog, sepanjang tahun,” kata dia. 

Bahkan, Badan Pangan Nasional (Bapanas) atau National Food Agency (NFA) menaikan jumlah serapan beras untuk CBP menjadi 2,4 juta ton per tahunnya. Namun, hal ini baru berupa usulan. 

Buwas mengatakan usulan tersebut lebih tinggi dari serapan beras sebelumnya yang berada di kisaran 1 juta – 1,5 juta ton per tahunnya. “Pelaksanaan tugas ini hasil keputusan, jadi kemarin kita sudah ada penugasan dari Bapanas bahwasanya stok yang tadinya hanya 1 juta -1,5 juta diputuskan oleh Bapanas adalah 2,4 juta ton ada cadangan di Bulog, jadi ini untuk CBP,” ujarnya.

 

Sumber: idxchannel

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU