Kamis, 25 April 2024

3 BUMN Pemenang Tender Proyek IKN, Siapa yang Bangun Istana Negara Baru?

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | Saat ini, terdapat 3 BUMN yang diumumkan berhasil menang tender proyek infrastruktur IKN. Ketiga BUMN ini, yakni yakni PT PP (Persero), PT Waskita Karya (Persero), dan PT Hutama Karya (Persero).
Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kementerian PUPR, untuk proyek pembangunan gedung kantor Presiden dan kawasan Istana Kepresidenan di IKN Nusantara akan dikerjakan oleh PT PP (Persero). Tender untuk proyek ini dimenangkan dengan harga penawaran sebesar Rp1.56 triliun dari nilai pagu proyek Rp1.93 triliun. Nilai pagu adalah batas pengeluaran tertinggi yang tidak boleh dilampaui dan pelaksanaannya harus bisa dipertanggungjawabkan.
Sementara, PT Waskita Karya (Persero) mendapatkan tender pembangunan Gedung Sekretariat Presiden dan bangunan pendukung lainnya di kawasan Istana Kepresidenan IKN Nusantara. Harga penawaran untuk tender ini mencapai Rp1.35 triliun dari pagu sebesar Rp1.38 triliun.
Sebelumnya, PT Hutama Karya (Persero) juga telah ditunjuk sebagai pemenang tender proyek Jalan Tol Karangjoang-KKT Kariangau. Berdasarkan catatan LPSE Kementerian PUPR, nilai pagu paket proyek Tol Karangjoang-KKT Kariangau IKN mencapai Rp3.47 triliun dengan nilai awal yang ditawarkan sebesar Rp3.33 triliun.
Adapun anggaran proyek bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2022. Selain ketiga BUMN di atas, BUMN Konstruksi yang tercatat mengikuti tender sejumlah proyek infrastruktur adalah PT Wijaya Karya (Persero) atau WIKA.

Sumber: iNews.id dan Sindonews.com
Dok: promediateknologi.com

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU