Jumat, 26 April 2024

Bedah Anggaran Rp1,481T, Ini Daftar Barang Impor yang Bikin Jokowi Geram!

ads-custom-5

jAKARTA, BUMN Info l Presiden Jokowi meluapkan amarahnya terkait masih banyaknya kementerian dan lembaga yang gemar belanja barang impor. Data yang dimilikinya, untuk belanja barang pemerintah pusat, total anggaran mencapai Rp526 triliun. Untuk Pemerintah daerah dari level provinsi, kabupaten dan kota, pagu anggaran belanja barang dan jasa mencapai Rp535 triliun. Sementara BUMN mencapai Rp420 triliun. Jika ditotal, dana itu mencapai Rp1.481 triliun.

Jokowi mengatakan jika anggaran tersebut 40 persennya saja dipakai untuk membeli barang yang diproduksi di pabrik dan UMKM di dalam negeri, itu akan menimbulkan dampak luar biasa bagi pertumbuhan ekonomi. Berdasarkan perhitungan yang masuk ke kantongnya, untuk anggaran pemerintah pusat dan daerah saja, bisa memberikan dorongan ke ekonomi sampai 1,71 persen.Sementara itu untuk anggaran BUMN, dorongan ke ekonomi sebesar 0,4 persen. Tapi bodohnya kata Jokowi, hal itu tidak dilakukan oleh kementerian, lembaga dan instansi pemerintah.

“Bodoh sekali kita kalau tidak melakukan ini (belanja produk UMKM dan dalam negeri),” katanya dalam Pengarahan Presiden RI tentang Aksi Afirmasi Bangga Buatan Indonesia, Jumat (25/3).

Berikut daftar barang-barang yang diimpor. Pertama, impor seragam, sepatu tentara dan polisi. Kedua, impor tempat tidur di rumah sakit dan alat kesehatan. Ketiga, impor alat pertanian. Akibat kegemaran impor itu, realisasi belanja produk dalam negeri sampai dengan saat ini baru mencapai Rp214 triliun. Jokowi menargetkan realisasi itu dalam beberapa bulan ke depan harus naik. Targetnya bulan Mei 2022 nanti realisasi belanja produk made in Indonesia sudah tembus Rp400 triliun.

 

Sumber: cnnindonesia.com

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU