Minggu, 21 April 2024

BUMN MIND ID Kuasai 34% Saham Vale Indonesia (INCO)

ads-custom-5

Jakarta, BUMN Info – Holding Badan Usaha Milik Negara (BUMN) MIND ID resmi mengambil alih 14% saham PT Vale Indonesia Tbk (INCO) pada sore ini, Senin (26/02/2024).

Hal ini ditandai dengan telah ditandatanganinya Dokumen Transaksi Pengambilalihan Saham Divestasi PT Vale Indonesia Tbk oleh MIND ID di Jakarta.

Dengan demikian, total kepemilikan saham MIND ID di PT Vale Indonesia Tbk (INCO) naik menjadi 34% dari sebelumnya 20%.

Turut menyaksikan dalam acara penandatanganan dokumen transaksi tersebut antara lain Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia.

Saat memberikan pidato pembuka, Luhut menyebut bahwa pengambilalihan saham INCO oleh MIND ID bisa mendorong program hilirisasi yang digencarkan pemerintah saat ini.

“Saya minta tema-teman kementerian, pengembangan hilirisasi menguntungkan dan ada dalam kewajiban IUPK dan kepada teman-teman menteri, perizinan-perizinan yang belum keluar segera dikeluarken minggu ini, sehingga akuisisi ini tuntas segera,” tutur Luhut saat memberikan pidato jelang acara penandatangan dokumen pengambilalihan saham Vale Indonesia di Jakarta, Senin (26/02/2024).

Luhut menyebut, nilai akuisisi saham INCO ini sebesar Rp 3.050 per saham.

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo menyebut, dengan penandatanganan dokumen sore ini, maka MIND ID resmi menguasai 34% saham PT Vale Indonesia.

Seperti diketahui, divestasi Vale ini merupakan salah satu syarat agar Kontrak Karya (KK) PT Vale Indonesia yang akan berakhir pada Desember 2025 bisa diperpanjang menjadi Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK).

Kepemilikan saham PT Vale di Indonesia Tbk (INCO) melalui MIND ID sebelumnya masih sebesar 20%, dan sekitar 21,18% saham INCO dimiliki publik yang tersebar di Bursa Efek Indonesia. Artinya, dengan penambahan saham MIND ID sebesar 14%, maka MIND ID akan memiliki 34% saham Vale.

Sementara, pemegang mayoritas saham Vale sendiri sebelumnya dipegang oleh Vale Canada Limited (VCL) dengan komposisi 43,79% saham, kemudian Sumitomo Metal Mining Co. Ltd (SMM) sebesar 15,03%.

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU