Sabtu, 20 April 2024

Brantas Abipraya Kerja Sama Aspek Peledakan Dengan PPSDM Geominerba

ads-custom-5

Jakarta, BUMNinfo | PT Brantas Abipraya bekerja sama aspek peledakan dengan Penyelenggaraan dan Sarana Prasarana Pengembangan SDM Geominerba. PT Brantas Abipraya mendiklatkan dan mengujikompetensikan 23 orang pegawainya untuk menjadi juru ledak yang kompeten dan tersertifikasi.

Kepala Bidang Penyelenggaraan dan Sarana Prasarana Pengembangan SDM, Ade Hidayat, menyampaikan bahwa hanya orang berkompeten yang dapat melakukan peledakan. Untuk itu mereka diwajibkan memiliki sertifikasi kompetensi dengan memperhatikan keterampilan, sikap, pengetahuan, untuk menjadi seorang juru ledak yang kompeten.

Peledakan dalam kegiatan pertambangan merupakan salah satu aspek yang krusial dalam penambangan terbuka. Potensi bahaya dari kegiatan peledakan dalam rangka penambangan, tidak hanya dampak kejut dari ledakan terhadap lingkungan sekitar, tetapi dampak lainnya yaitu pencemaran debu, kebisingan hingga penurunan kesehatan. Hal ini menunjukkan bahwa seorang juru ledak harus dapat memastikan bahwa peledakan yang dilaksanakan tidak saja aman bagi pekerja, tetapi juga untuk lingkungan.

Ade Hidayat didampingi perwakilan dari PT Brantas Abipraya, Teguh Sunardi dan Ratno Widiyat Retno, membuka Diklat dan Uji Kompetensi Pelaksanaan Peledakan pada Tambang Terbuka Mineral dan Batubara (Juru Ledak Kelas II), di gedung Diklat PPSDM Geominerba, Senin, 29 Juli 2019.

Diklat dilakukan selama enam hari (29 Juli–3 Agustus 2019). Para peserta akan mendapatkan pembekalan materi, praktik peledakan selama empat hari, dan uji kompetensi selama dua hari. 

“Diharapkan, dengan adanya kerja sama ini, para peserta diklat dari PT Brantas Abipraya mampu memahami dan mengerti peranan dan tanggung jawab sebagai juru ledak sesuai dengan ketentuan yang berlaku sehingga dapat melaksanakan tugas dengan hasil yang memenuhi standar dan memiliki sertifikat juru ledak,” ujar Ade Hidayat.

Sumber : https://nasional.tempo.co/read/1230199/ppsdm-geominerba-dan-brantas-abipraya-kerja-sama-aspek-peledakan/full&view=ok

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU