Jumat, 26 April 2024

Diperbolehkan Mudik Tahun Ini, Berapa Target Penumpang BUMN Transportasi?

ads-custom-5

BUMN Info, Jakarta – Badan Usaha Milik Negara (BUMN) transportasi memasang target positif pada masa mudik Idul Fitri 2022. Optimisme tersebut muncul ditengah adanya pelonggaran syarat perjalanan dan tidak adanya larangan mudik pada tahun ini 

Melansir dari Republika, Perum DAMRI menargetkan lebih dari delapan ribu perjalanan pada masa angkutan Idul Fitri 2022. “Ini dengan jumlah pelanggan di atas 200 ribu orang.” kata Plt Corporate Secretary DAMRI Siti Inda Suri kepada Republika.co.id, Rabu (30/3/2022). 

Siti memastikan persiapan mudik DAMRI secara keseluruhan sedang dalam proses persiapan armada untuk dilakukan rampcheck. Begitu juga dengan persiapan pengemudi untuk melayani penumpang pada masa mudik tahun ini. 

“Kegiatan angkutan Hari Raya Idul Fitri 2022 ini tentunya akan dilaksanakan oleh seluruh cabang di Indonesia,” ujar Siti. 

Untuk penambahan rute dan armada, Siti mengakan hal tersebut dimungkinkan akan dilakukan. Hanya saja, Siti menuturkan hal tersebut akan disesuaikan dengan kebutuhan pasar. 

“Sampai dengan saat ini, bus siap guna operasi DAMRI kurang lebih sebanyak 1.600 unit armada,” ungkap Siti. 

Sementara itu, Direktur Utama PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni Tri Handayani juga memasang target positif pada masa mudik tahun ini. Anda, sapaan akrabnya, memprediksi terjadi peningkatan penumpang pada masa mudik tahun ini. 

“Prediksi kami ada kenaikan penumpang mudik lebaran tahun ini hingga 133 persen dari realisasi 2021 dengan kapasitas kursi 49.267,” ujar Anda dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VI, Selasa (30/3/2022). 

Anda menjelaskan rencana operasi angkutan Lebaran tahun ini akan dilakukan pada 17 April hingga 18 Mei 2022. Pelni memproyeksikan puncak arus mudik akan terjadi pada 26 April 2022 dan arus baiknya pada 9 Mei 2022. 

“Kapal yang kami siapkan sebanyak 70 kapal. Dari total ini, sebanyak 26 kapal penumpang dan 44 kapal utama perintis,” tutur Anda. 

Anda mengatakan dari 26 kapal penumpang memiliki kapasitas kursi sebanyak 32.447 seat. Sementara kapal perintis yang dioperasikan Pelni pada masa mudik tahun ini memiliki kapasitas 16.821 seat.  

Lalu dari transportasi penyebrangan, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) memastikan saat ini sudah melakukan persiapan penyelenggaraan Posko Pengendalian Transportasi selama periode Angkutan Lebaran Tahun 2022. Khususnya pada 10 lintasan penyeberangan terpantau nasional. 

“Kami susun skenario operasional tergantung situasinya yang menentukan jumlah kapal dan dermaga yang kami buka,” kata Direktur Utama ASDP Indonesia Ferry Ira Puspadewi.

Pada saat keadaan padat, Ira memastikan ASDP akan melakukan pengelolaan jumlah  kapal. Begitu juga dengan waktu loading dan unloading yang dipercepat sehingga membuat trafik lebih lancar. 

Corporate Secretary ASDP Indonesia Ferry Shelvy Arifin memastikan siap menyelenggarakan layanan angkutan Lebaran 2022. Pada masa pandemi Covi-19. Shelvy menegaskan, manajemen telah mengantisipasi lonjakan penumpang dan kendaraan dengan memaksimalkan apasits baik sarana dan prasarana kapal serta pelabuhan. 

“Kami optimistis layanan penyeberangan periode Labaran tahun ini dapat berjalan lancar, aman, dan selamat,” ungkap Shelvy.

Source : Republika

Dok : Kompas.Com

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU