Senin, 29 April 2024

Angkasa Pura I Prediksi Peningkatan Penumpang Pesawat Terjadi Pada 17-18 Mei 2021

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | VP Corporate Secretary PT Angkasa Pura I (AP I) (Persero) Handy Heryudhitiawan memprediksi adanya peningkatan perjalanan penumpang pesawat saat pada masa peniadaan mudik 16-17 Mei di 15 bandara yang dikelola AP I.

“Langkah antisipasi dari sisi operasional kami lakukan dengan memastikan penerapan protokol kesehatan diterapkan sebaik mungkin sejak dari proses kedatangan calon penumpang di bandara,” kata Handy dalam keterangan tertulis, Minggu (16/5/2021).

Penerapan protokol kesehatan yang dilakukan AP I di antaranya menyediakan tempat layanan pemeriksaan Rapid Test Antigen dan GeNose C-19, proses pemeriksaan dan persyaratan dokumen perjalanan, proses check in hingga proses boarding penumpang.

“Selain itu kami juga telah menyiapkan ruang karantina jika nanti ada calon penumpang yang terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan di lapangan,” tambah Handy.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memprediksi puncak arus balik akan terjadi pada 16 dan 20 Mei 2021. Untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan menuju arah Jabodetabek, Budi Karya mengimbau masyarakat untuk tidak kembali pada periode puncak tersebut.

“Kami mengimbau jangan (kembali) di tanggal tersebut karena akan penuh,” kata Budi Karya dalam konferensi pers yang digelar secara virtual, Sabtu (15/5/2021).

Kementerian Perhubungan mendata sebanyak 1,5 juta orang telah melakukan perjalanan di masa Ramadan hingga Lebaran 1442 Hijriah. Data tersebut dihimpun sejak 22 April sampai 12 Mei 2021.

Budi Karya mengatakan pihaknya berkoordinasi dengan Korps Laliu-lintas Polri untuk memperketat skrining di posko penyekatan, baik jalan tol maupun rest area alias tempat peristirahatan. Di lokasi penyekatan tersebut, petugas melakukan pemeriksaan terhadap dokumen kesehatan penumpang.

 

Sumber: wartaekonomi.co.id

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU