Jumat, 29 Maret 2024

Indonesia Perkuat Posisi di Pasifik, Len Industri Bidik Ekspor PLTS

ads-custom-5

Auckland,BUMNinfo | Pameran dagang, investasi, dan pariwisata terbesar di Asia Pasifik, Pacific Exposition 2019, digelar di Selandia Baru sebagai ajang bisnis dan diplomasi yang diinisiasi Indonesia dengan dukungan pemerintah Selandia Baru dan Australia (trilateral cooperation).

Kegiatan ini diikuti 20 negara dan berlangsung tanggal 12-14 Juli 2019 di SkyCity Convention Center, Auckland, Selandia Baru. Pembukaan The First Pacific Exposition 2019 dilakukan pada Jumat (12/7/2019) oleh Menlu RI Retno Marsudi, Dubes RI untuk Selandia Baru Tantowi Yahya, serta pimpinan dan perwakilan dari setiap Negara Pasifik lainnya. Lima provinsi di bagian timur Indonesia yang menjadi representasi sebagai negara Pasifik adalah Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat, dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Selandia Baru telah menjadi success story dalam pemanfaatan ekonomi terbarukan, utamanya geotermal yang 15% sudah masuk dalam supply chain energi nasional. Hal ini karena negara pasifik merupakan kepulauan sehingga pemanfaatan listrik tenaga surya akan sangat cocok. Di Selandia Baru sendiri, industri Solar PV menjadi provider solusi untuk kebutuhan listrik perumahan. Hal ini seiring dengan yang sedang dibangun oleh Len Industri di bisnis retail melalui LenSOLAR, produk PV Rooftop (atap surya) untuk memenuhi energi listrik baik perumahan maupun untuk perkantoran.

Zakky Gamal Yasin, Direktur Utama Len Industri menyampaikan, “Peluang energi terbarukan terbuka untuk pasar Papua Nugini dan republik palau yang menghadiri acara expo ini. Nanti bisa LenSOLAR sebagai solar rooftop, bisa juga IPP PLTS (Independent Power Producer Pembangkit Listrik Tenaga Surya) seperti yang pernah kita bangun di Kupang, NTT. Dan Solar PV kita sudah tersertifikasi di tingkat internasional. PLTS cocok untuk negara-negara Pasifik yang berupa kepulauan. Peluang di bidang lainnya seperti elektronika pertahanan atau transportasi kereta juga tidak menutup kemungkinan.”

Sumber : https://www.ayobandung.com/read/2019/07/13/57630/indonesia-perkuat-posisi-di-pasifik-len-industri-bidik-ekspor-plts

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU